Selasa, 14 April 2015

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Forum Jual Beli Kaskus yang Baru

Posted: 13 Apr 2015 09:21 PM PDT

FJB Kaskus
Source

Forum Jual Beli (FJB) Kaskus adalah salah satu tempat berjualan online paling besar dan terlama di Indonesia dan sudah sangat populer untuk mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Di sini, barang apa saja bisa dijual (yang legal tentunya ya :) ) baik baru dan bekas. Sudah banyak sekali penjual yang meroket omzet penjualannya berkat FJB Kaskus.

Nah, kalau Anda suka jualan di FJB Kaskus seperti saya, pasti sudah mengetahui dan merasakan tampilannya yang baru. Beberapa bulan yang lalu, Kaskus memang telah melakukan perombakan pada FJB-nya. Saya bingung ketika pertama menemukan tampilan baru ini, jadi agak aneh dan banyak ada fitur forum yang sangat sering dipakai tapi dihilangkan. Fitur yang paling sering saya pakai adalah spoiler dan host gambar di image hosting luar. Sekarang FJB Kaskus tidak bisa pakai spoiler lagi, dan tidak bisa lagi nge-host gambar seperti di imgur, misalnya.

Ketika saya coba karena belum tahu, menggunakan tag [SPOILER] dan menampilkan gambar menggunakan tag [IMG] hanya malah menampilkan tulisan “[SPOILER]” dan “[IMG]” itu sendiri. Untuk gambar sekarang hanya bisa maksimal 10 gambar dan itu pun tidak dapat ditampilkan di dalam deskripsi produk, tapi menggunakan semacam.. ah apa ya namanya? Pokoknya tampilan gambar produk jadi seperti di website jualan lainnya seperti tokopedia, silakan coba sendiri deh :D

Saya pribadi lebih suka dengan FJB Kaskus yang lama, dimana penjual bisa lebih berekspresi, memperindah lapak jualannya dengan berbagai macam kreasinya. Sekarang, rasanya semuanya serba terbatas. Oh ya, sudah ada petisi online lho kepada Kaskus untuk mengembalikan FJB yang lama, di sini. Kenapa Kaskus melakukan perombakan ini? Mungkin untuk mengikuti perkembangan e-commerce Indonesia yang sekarang berkembang sangat pesat ya..

Walaupun tampilannya berubah dan jadi tidak semudah dan sefleksibel sebelumnya, tapi bagi saya jualan di kaskus masih efektif. Beberapa minggu yang lalu saya jual barang bekas yaitu Nintendo Wii dan netbook, keduanya terjual dalam waktu 1 hari saja! Begitu posting, dalam hitungan jam sudah ada beberapa calon pembeli yang tanya-tanya dan akhirnya bisa langsung terjual.

Bagaimana menurut Anda para seller, apakah Anda lebih suka dengan tampilan FJB Kaskus yang baru atau yang lama?

Forum Jual Beli Kaskus yang Baru

Tidak ada komentar: