Sabtu, 25 Oktober 2014

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Customer Service yang Kacau

Posted: 24 Oct 2014 04:27 PM PDT

Salah satu gadget yang sedang laku keras dan ramai dibicarakan sekarang ini adalah smartphone android Asus Zenfone 5. Dengan harga yang bisa dibilang tidak terlalu mahal, bisa mendapatkan smartphone dengan spec yang tinggi, tidak kalah dengan smartphone papan atas lainnya. Saya tadinya pengen juga punya gadget ini, tapi ada 1 pertimbangan yang masih bikin ragu untuk beli, yaitu baterainya yang kurang besar kapasitasnya, jadinya boros banget.

Beberapa hari lalu, saya dapat email dari sebuah website deal yang cukup beken dimana saya terdaftar newsletternya (namanya ga usah disebut ya :) ). Di situ terdapat 1 deal yang tidak bisa dilewatkan, Asus Zenfone 5 dengan memori internal 16 GB dan RAM 2 GB dengan harga Rp 2 juta kurang sedikit! Teman saya baru saja beli dengan harga Rp 2,7 juta. Wah, saya pikir deal ini tidak bisa dilewatkan. Lalu saya baca lagi keterangan deal itu, ternyata garansinya bukan garansi resmi, melainkan garansi distributor QTell. Ah, gapapa, yang penting si QTell itu ada di Bandung, jadi kalau ada apa-apa mau klaim gampang, tidak usah kirim barang ke luar kota. Bertanyalah saya melalui email ke customer service website deal tersebut:

customer service

Sambil menunggu balasan email (kalau dibalas), saya coba telepon ke nomor telepon yang terterea di websitenya, tapi tidak ada yang jawab telepon. Eh, ternyata email saya dibalas oleh CS-nya 7 jam kemudian:

customer service kacau

Hmm.. tidak menjawab pertanyaan. Saya kan nanya itu distributor ada cabangnya di Bandung atau tidak? Reply lagi emailnya:

tanya customer service

Dan dibalas lagi keesokan harinya:

customer service tidak menjawab pertanyaan

Cape deh.. lagi-lagi tidak menjawab pertanyaan. Coba telepon lagi saja, ternyata kali ini ada yang jawab, dan akhirnya dapat jawaban bahwa QTell ada cabangnya di Bandung Electronic Center (BEC). Menurut saya sih customer service-nya tidak buruk, hanya kacau saja.

Pelajaran yang dapat diambil di sini adalah:

  • Selalu perhatikan pertanyaan customer, jangan asal jawab.
  • Selalu reply pertanyaan dari customer / calon customer sesegera mungkin. Satu hal positif dari pengalaman saya ini adalah walaupun jawabannya tidak sesuai pertanyaan, customer service-nya masih menjawab email saya dalam waktu tidak lebih dari 24 jam, yang mana menurut saya sudah sangat bagus melihat ini adalah perusahaan deal yang sudah besar dan sudah pasti sangat banyak customernya. Banyak sekali perusahaan besar yang sama sekali tidak membalas email yang masuk.

Ini penting sekali terutama buat kita para pelaku bisnis toko online yang tidak berhadapan langsung dengan customer. Jadi.. apakah saya beli Asus Zenfone 5 melalui website tersebut? Tidak. Kenapa? Kan sudah ketemu jawabannya bahwa si distributor ada di Bandung? Ah, sudah keburu malas saja.. kalau beli pun kayanya lebih baik beli yang garansi resmi saja deh.

Customer Service yang Kacau

Tidak ada komentar: