Minggu, 20 April 2014

isnuansa dot com: Kulit Bayi Sehat Berseri Sepanjang Hari? Mau Dong!

isnuansa dot com: Kulit Bayi Sehat Berseri Sepanjang Hari? Mau Dong!


Kulit Bayi Sehat Berseri Sepanjang Hari? Mau Dong!

Posted: 20 Apr 2014 01:09 AM PDT

Seneng banget nih saya kalau dapet undangan yang mencerahkan gini, apalagi berhubungan sama dunia anak, nggak pake mikir deh, pasti langsung diiyain aja. Minggu, 6 April jam 09.30 langsung meluncur deh ke Playhouse, Jalan Pejaten Barat No. 46 buat ikutan Jumpa Pakar "Kulit Sehat Berseri, Bunda dan Si Kecil Siap Bereksplorasi Sepanjang Hari."

Narasumbernya oke punya, seorang spesialis kulit dan kelamin dari RS. Anak dan Bunda Harapan Kita, dr. Ari Muhandari, SpKK, MARS. Dari beliau, saya mendapatkan banyak sekali ilmu baru yang berhubungan dengan perawatan kulit bayi melalui nutrisi yang bermanfaat.

Dimulai dari penjelasan fungsi kulit, diantaranya untuk proteksi, termoregulasi atau menjaga keseimbangan suhu, sebagai pengindra yang dilakukan oleh syaraf sensorik, melakukan fungsi eksresi melalui keringat, pembentuk pigmen, dan juga produksi vitamin D. Tuh, kan banyak banget ternyata fungsinya kulit kita. Makanya, sejak masih bayi pun, kulit harus dirawat supaya tetap sehat.

Di dalam diskusi acara ini, mucul banyak sekali permasalahan kulit yang disampaikan oleh para ibu. Maklum, acara ini dihadiri oleh seratusan ibu bersama si kecilnya (dan tentunya ayah atau pengasuh juga mendampingi), jadi kebayang deh, betapa ramainya gathering yang diselenggarakan oleh Majalah Ayahbunda ini.

Permasalahan yang paling banyak muncul adalah soal kulit bayi yang sensitif, mudah bentol-bentol kemerahan, sensitif terhadap panas matahari, kulit bayi yang alergi, dan juga kulit yang bermasalah seperti terkelupas di bagian ujungnya, atau bekas cacar yang tak kunjung menghilang.

Dipandu oleh MC cantik @melanie_putria, acara sepanjang dua setengah jam ini nggak berasa membosankan. dr. Ari Muhandari, SpKK, MARS menjelaskan, bahwa kulit bayi itu berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi memiliki epidermis yang relatif lebih tipis, dan lebih mudah kehilangan kelembabannya. Fungsi imunitas juga masih berkembang, sehingga masih rentan terhadap infeksi dan iritasi.

Dengan pertimbangan tersebut, maka perawatannya juga beda dong ya. Tetapi yang pasti, pada prinsipnya merawat kulit bayi itu adalah membersihkan, menjaga kelembaban, dan menutrisi kulit. Membersihkan kulit bayi ini berguna untuk memberikan rasa nyaman, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur bayi atau batita. Orang tua harus bisa bisa memilih produk yang tepat, bisa membersihkan kulit bayi dari urin, tinja, liur, sisa susu atau makanan, tetapi pilih juga produk yang tidak merusak sawar kulit.

Produk perawatan kulit bayi yang dipilih sebaiknya yang lunak dan noniritatif, karena kulit bayi relatif lebih bersih (bebas dari polusi udara dan tidak memakai kosmetika). Jadi tidak diperlukan produk yang keras, yang mengandung banyak pewangi, antibakterial, dan lain sebagainya. Studi klinis menunjukkan 63% kulit bayi cenderung kering, makanya penting banget buat bayi dan batita menggunakan pelembab kulit.

Diana%2520JNJ Kulit Bayi Sehat Berseri Sepanjang Hari? Mau Dong!

Diana sehari-hari mandi dengan Johnson's baby milk + rice bath, trus pakai Johnson's baby milk + rice lotion. Pas ke mini market buat beli produknya terakhir kemarin karena udah abis, ada New Johnson's baby milk + rice bath & lotion. Kombinasi yang unik dari kebaikan susu membuat kulit halus, lembut dan nutrisi dari beras melengkapi nutrusi yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit sehingga kulit sehat berseri sepanjang hari. Johnson's baby milk + rice lotion  mengandung 200% lebih banyak kandungan vitamin dan mineralnya, sehingga bisa menjaga kelembaban kulit hingga 24 jam. Seneng deh pakai produk Johnson's baby ini, cocok sama kulit Diana. Kulit Diana jadi sehat berseri sepanjang hari.

Sejauh ini, Diana belom pernah ngalamin penyakit kulit yang bikin emaknya deg-degan atau pusing. Mandi pagi dan sore hari itu adalah kegiatan yang sangat dinikmati Diana, karena seneng banget bisa mainan air dan busa sabun mandi. Betah tuh Diana lama-lama di kamar mandi.

Sip, klop deh antara pengetahuan yang saya dapat dari event kemarin dengan penggunaan New Johnson's baby milk + rice bath & lotion buat Diana selama ini. Saya yakin, kulit bayi yang sehat berseri itu adalah langkah awal untuk tumbuh kembang optimal.

Tidak ada komentar: