Senin, 11 Maret 2013

INIJIE.com update - Polling: What Do You Complain The Most From A Restaurant? (+Tips)

INIJIE.com update - Polling: What Do You Complain The Most From A Restaurant? (+Tips)

Link to INIJIE.com - Food and Travel Blog

Polling: What Do You Complain The Most From A Restaurant? (+Tips)

Posted: 10 Mar 2013 07:45 PM PDT

Happy Monday Initialers… Wah barusan weekend dong, biasanya kan ngedate atau gelantungan diluar hangout di café/resto. Kadang kita suka dibikin bete pas lagi asik2 sama gebetan kok resto-nya menguciwakan. *curcoooool*

restaurant customer feedback form

Nah, hal-hal apa aja sih yang bikin kamu mendidih dan emosi komplain ke restoran? Cast your vote:

Note: There is a poll embedded within this post, please visit the site to participate in this post's poll.

Complaining 101

Oke, tadinya gw cuma mau bikin polling, tapi gatal juga kasi tips komplencapir yg elegan dan berkelas *tsahh* Personally, gw jarang komplain macam 'Kwetiaw gw lama banget?', 'waiter jutek' atau 'steak gw terlalu matang'.

Gw tau betapa jungkir baliknya para kru di kitchen buat menyajikan yg terbaik di peak hour. Gw tau betapa  rough-nya customer di malam minggu yg kadang bikin waiter ga fokus.

As long as masih reasonable, I can take it. Yg unreasonable itu macam gimana Jie? Gw paling irritated kalo 'ditikung' meja sebelah yang datang belakangan. Misal Americano gw datangnya lebih lama ketimbang Double Shot Caramel Macchiato with Extra Sauce cewe sebelah yang baru duduk, dan dia memang manis sih. *Oh I still remember that!*

Oke, gimana sebaiknya memberikan komplain?

  • Calm. Santai aja kayak di pantai. Rasanya ga perlu keluar urat buat sepiring spaghetti. Lha wong Spaghettinya aja kagak mikirin kamu Emosi biasanya cuma memperkeruh suasana.
  • Fast. Komplain segera. Jangan sampe itu mangkuk soto sudah licin baru bilang: “Eh tadi ada serangga di soto gw lho..” *telat mass*
  • Talk. Bicarakan dengan manager/supervisor. Kalau memang ada yg unacceptable, utarakan aja. Mostly mereka akan welcome.
  • Clear. Komplain harus jelas. Misal: "Di foto baksonya 5, kok keluarnya 6 sih?" *eh* Jangan ngambang kayak gini: "Ga sesuai sama selera gw, ga ada chemistry", atau "Kucing gw si Kiko juga pasti ga doyan". C spasi D. Capek Deeeh.
  • Follow Up. Bila komplain on the spot ga menyelesaikan masalah. Lihat rule nomer satu *calm* Jangan buru2 broadcast ke BBM segala. Keep the evidence, lalu teruskan ke pihak yang lebih tinggi misalnya GM atau owner.

So, itu dia tips complaining yang tegas dan berwibawa. Kalau memang tidak menyelesaikan masalah berarti kita ga jodoh dengan resto tersebut dan harus move on sodara-sodara.

Initialers ada tips atau pengalaman komplain yang menarik? Please do share

Have a delicious life,

 

J. 


Find my delicious writings on INIJIE.com

Tidak ada komentar: