Selasa, 08 Januari 2013

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Update Android di Samsung Galaxy dengan Mudah Menggunakan Samsung Kies

Posted: 08 Jan 2013 12:47 AM PST

samsung kies logoMinggu lalu, Samsung Galaxy Tab saya tiba-tiba error, wifi-nya tidak mau jalan, tulisannya hanya “Turning on” terus tanpa pernah “turned on” :whistling: . Langsung saya ambil tindakan pertama, telepon Samsung Customer Service di nomor telepon bebas pulsa 0-800-1128888. Seorang customer service laki-laki dengan ramah menjawab keluhan saya, tapi sayangnya dia tidak mengerti apa yang saya katakan. Ngomong “turning on” saja dia salah (saya lupa dia ngomongnya apa). Tahu bahwa problem saya tidak mungkin bisa terselesaikan via telepon ini, saya sudahi saja dan memutuskan untuk pergi ke Samsung Service Center.

Service Center yang di jalan Dago ternyata hanya buka sampai jam 5 sore, tapi yang di Bandung Electronic Center buka sampai jam 8 malam. Setelah mengantri dan diterima seorang customer service perempuan, terjadi percakapan singkat:

Saya: menyampaikan keluhan
CS: “Boleh saya lihat pak?”
Lalu mengambil Galaxy Tab saya dan mengutak-atiknya sebentar.
CS: “Ini harus dicek oleh teknisinya, kebetulan sekarang sedang penuh, kalau mau ditinggal saja Pak 1 hari. Tapi semua data akan hilang.”
Saya: “Wah harus ditinggal ya.. gak bisa sekarang mbak?”
CS: “Maaf tidak bisa Pak.”
Saya: “Penyebabnya kenapa ya bisa begini?”
CS: “Nanti akan dicek oleh teknisinya ya Pak.”
Saya: “Data yang hilang itu data-data saja atau semua aplikasinya juga hilang?”
CS: “Hilang semua Pak.”
Saya: “Aplikasi yang saya download hilang juga? Jadi seperti awal lagi waktu beli baru?”
CS: “Ya, betul Pak.”
Saya: “Terus aplikasi yang saya sudah beli dari Google Play apa saya harus beli lagi?” (ngetest..) :wink2:
CS: “Iya Pak.”
Saya: “Ah yang bener Mbak..”
Si CS lalu nanya ke teman di sebelahnya..
CS: “Oh gak usah Pak, nanti tinggal didownload lagi saja.” (tuh kan..)
Saya: “Tapi kenapa ya bisa jadi begini?” (ngeukeuh nanya lagi) :laughloud:
CS: “Nanti dicek oleh teknisinya ya Pak.” (ngeukeuh juga dengan jawabannya)
Saya: “Kalau gitu besok siang saya datang lagi deh Mba, supaya bisa beres di hari yang sama.”
CS: “Baik Pak, nanti bisa sekalian diupgrade Android-nya ke ICS.”
Saya: “ICS apaan Mbak?” (kali ini beneran nanya, bukan nge-test..)
CS: “Ice Cream Sandwich”

Saya lalu mengucapkan terima kasih dan pulang dengan sangat tidak puas. Jelas sekali si CS kurang menguasai produk. Ya wajar saja karena dia toh bukan teknisi.. Tapi soal upgrade ke ICS itu sangat menarik.

Pulang ke rumah, langsung online cari info untuk upgrade Android. Main-main ke beberapa forum, dapat info cara untuk upgrade. Saya pikir kalau upgrade, harusnya masalah wifi pasti terselesaikan. Data-data dan aplikasi hasil download hilang semua ya sudahlah, paling nanti download lagi. Tapi karena saya bukan orang yang terlalu teknis, saya agak bingung mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di forum. Harus pakai ODIN, dan lain sebagainya, perlu waktu lebih lama untuk mempelajarinya dulu..

Beruntung di salah satu posting, saya baca bahwa upgrade Android di produk Samsung bisa menggunakan Samsung Kies. Saya ingat dulu di CD bawaan si Tab ada aplikasi ini, tapi gagal terinstall. Saya download lagi saja, siapa tahu sudah ada versi yang lebih baru.

Ternyata benar! Setelah install Kies, sambungkan ke Galaxy Tab dengan kabel data, dia langsung otomatis menawarkan untuk upgrade Firmware. Upgrade firmware = update versi Android ke yang lebih baru. Tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada di Kies, beberapa kali klik OK, hanya dalam waktu satu jam lebih saja, Samsung Galaxy Tab saya sembuh, dan firmwarenya sudah ICS, dan yang paling penting.. wifi-nya jalan kembali! :thumb5:

Nah, buat teman-teman yang pakai produk Android-nya Samsung, kalau mau mudah update Android tanpa mau pusing, bisa coba pakai Samsung Kies ini. Yang harus diperhatikan, sebelumnya pastikan komputer Anda sudah terhubung ke internet karena Kies akan mendownload file-file yang dibutuhkan untuk update. Dan pastikan juga baterai device Anda penuh karena proses update bisa memakan waktu cukup lama.

Selamat mencoba!

Update Android di Samsung Galaxy dengan Mudah Menggunakan Samsung Kies

Tidak ada komentar: