Senin, 21 Januari 2013

isnuansa dot com: Menulis Halaman Tentang Saya Yang Sempurna

isnuansa dot com: Menulis Halaman Tentang Saya Yang Sempurna


Menulis Halaman Tentang Saya Yang Sempurna

Posted: 20 Jan 2013 05:17 PM PST

Saya sudah pernah menulis tentang perubahan isi halaman tentang saya beberapa waktu yang lalu. Betapa saya telah menyia-nyiakan kesempatan selama ini dengan mengabaikan kedahsyatan halaman 'Tentang Saya'.

Halaman Tentang Saya menjadi salah satu halaman tujuan bagi pengunjung yang baru sekali datang menuju blog kita dan tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pemilik blog. Sama seperti pada buku, dimana profil pengarangnya biasanya juga ikut menentukan dalam mengambil keputusan apakah kita akan membeli buku tersebut, atau mengembalikannya ke rak semula.

Apa saja yang harus ditulis di halaman Tentang Saya?

Sebelumnya, pernahkah Anda benar-benar memperhatikan, apa saja yang tertulis di dalam biodata pengarang buku?

  • Jumlah buku yang telah ia terbitkan.
  • Judul-judul buku best sellernya.
  • Jumlah penghargaan yang diterima.
  • Foto bersama orang penting.
  • Diikuti dengan sekilas biodata mereka.

Lantas, buka beberapa halaman Tentang Saya dari beberapa blogger yang Anda kenal. Seberapa banyak yang menuliskannya dengan urutan yang sama seperti yang dilakukan oleh seorang penulis buku? Tidak banyak.

Biasanya mereka justru menuliskannya dalam urutan yang terbalik.

  • Sekilas biodata mereka.
  • Hobi, kebiasaan dan kontak yang bisa dihubungi. [Itupun kalau ada]
  • Jumlah penghargaan yang diterima.
  • Judul-judul tulisan terbaiknya.
  • Jumlah buku yang telah ia terbitkan.

Ya, pembaca memang menginginkan untuk mengenal Anda lebih jauh. Tetapi keputusan untuk tetap membaca tulisan Anda [lagi dan lagi] tidak ditentukan oleh hal itu secara garis besarnya. Mereka memutuskan menjadi pembaca yang loyal dengan mempertimbangkan bahwa Anda sebagai seorang pribadi yang terpercaya, yang memiliki kualitas [dan itu dibuktikan dengan ukuran seberapa banyak penghargaan] dan [terkadang] popularitas.

Buatlah seperti di Buku

Tunjukkan kepada pembaca Anda, topik apa yang Anda tulis di blog. Apakah tentang cerita keseharian, tentang tips dan tutorial atau tentang keahlian khusus Anda dalam bidang tertentu. Buat pembaca jelas dengan isi blog Anda dan tidak berharap menemukan jenis tulisan yang tidak sesuai. Seberapa sering Anda membuat tulisan tersebut, bagaimana Anda menjawab komentar yang masuk, dan lainnya.

Siapa saja yang bisa membaca tulisan Anda? Apakah cocok untuk remaja baru gede, anak kuliahan, ibu rumah tangga, atau siapapun yang datang bisa memanfaatkan isi blog Anda.

Ceritakan bagaimana Anda ngeblog. Apakah sebagai seorang profesional, paruh waktu, ataukah sekedar hobi saja. Bagaimana Anda berkontribusi dalam lingkup blogosphere [jika ada], penghargaan dan pengalaman yang selama ini diperoleh, termasuk menulis untuk blog lain sebagai guest blogger.

Terakhir, baru ceritakanlah siapa diri Anda.

~~~

Apakah Anda juga akan mengikuti saya, mencoba merubah halaman 'Tentang Saya'?

Tidak ada komentar: