Rabu, 02 Januari 2013

isnuansa dot com: Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!

isnuansa dot com: Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!


Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!

Posted: 01 Jan 2013 09:59 PM PST

Selamat tahun baru teman-teman! *tiup terompet kenceng-kenceng*

Semoga di tahun baru ini semangat ngeblognya nggak makin turun ya. Tulisan pertama di tahun 2013 nih, saya cuma mau berbagi kebahagiaan singkat saja, bahwa salah satu blog saya secara mengejutkan bounce rate-nya (rasio pentalan) turun drastis dari rata-rata 75% menjadi 1% saja!

Bounce%2520Rate%2520GA Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!

Itu bukan hasil Google Analytics blog saya yang ini ya.. Yang lain lah pokoknya. Sudah lama saya nggak nengok analitiknya, eh, kemarin saya cek kok hasilnya menakjubkan gitu rasio pentalannya.

Belum tahu apa yang dimaksud dengan rasio pentalan? Sila baca tulisan saya tentang Bounce Rate yang ini dan Bounce Rate yang itu.

Sudah baca? Dan masih belum paham?

Sini, sini, saya jelasin sedikit lagi.

Bounce rate itu, persentase pembaca yang hanya membuka satu halaman berbanding dengan yang membaca banyak halaman. Gampangnya gini. Teman-teman datang ke blog saya (misalnya dari link update status di facebook saya, atau dari twitter saya) langsung menuju tulisan saya yang ini. Nah, saat menbaca tulisan ini, di atas kan saya kasih dua link tuh, ke tulisan saya yang lain lagi yang sudah lama. Berhubung nggak tertarik, ya nggak dipencet. Nggak mau tahu. Langsung aja komentar, trus pergi deh. Blogwalking ke blog lain lagi.

Itu namanya saya gagal membuat teman-teman bertahan di blog ini dan membuka banyak halaman. Mental deh ke tempat lain. Semakin banyak orang yang datang dan langsung mental, maka semakin tinggi deh angka rasio pentalannya.

Lain lagi kalau teman-teman saya kasih link di atas dan mengkliknya, lalu membaca tulisannya. Apalagi kalau dua-duanya diklik langsung dibaca. Itu berarti membuat nilai rasio pentalan blog menjadi bagus, makin kecil, karena orang datang ke blog kita membuka lebih dari 1 halaman.

Bounce rate blog saya yang isnuansa dot com saat tulisan ini dibuat 82,66%. Artinya, 82 dari 100 orang yang datang hanya membuka 1 halaman dan langsung pergi lagi.

Blog saya yang satu lagi (yang saya tampilkan screenshot-nya) berarti hanya ada 1 orang membuka 1 halaman saja diantara 100 orang yang datang. 99 orang lainnya membuka 2 halaman atau lebih! Dan kemungkinan 1 orang yang langsung kabur itu adalah orang yang ngeklik iklan. icon lol Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!

Pasti penasaran kan, kok bisa bounce rate-nya sekecil itu?

Saya sudah tahu penyebabnya. Tetapi perlu saya pastikan dulu ya, apakah bounce rate yang tiba-tiba menjadi sangat kecil nilainya itu akan bertahan lama, atau akan naik lagi. Saya butuh waktu untuk mengambil kesimpulan bahwa memang benar perubahan tersebut karena tindakan saya melakukan perubahan kecil di blog saya.

Tunggu di tulisan selanjutnya ya, nanti saya cerita soal perubahan rasio pentalan yang jadi 0,99% itu. icon wink Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!

Tidak ada komentar: