Senin, 05 November 2012

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Kosong dan Nol

Posted: 04 Nov 2012 04:35 PM PST

Kosong tidak sama dengan nol. Kosong bukan nol. Saya baru “ngeh” akan hal ini ketika ngobrol dengan seorang teman yang pernah bekerja sebagai operator customer service di sebuah perusahaan penyedia jasa seluler terbesar di Indonesia. Katanya, para operator dilarang menyebut angka 0 (nol) dengan “kosong”.

Memang betul, sekarang di mana-mana orang menyebut angka nol dengan “kosong”. Coba kalau Anda berbagi nomor handphone dengan orang lain, kemungkinan besar Anda akan menyebutkannya dimulai dengan “kosong delapan ….” Bukan hanya masyarakat saja, perusahaan-perusahaan besar seperti bank dan Telkom pun menyebut nol dengan “kosong”. Kalau saya telepon 147, operator akan mengkonfirmasi nomor telepon saya dimulai dengan kode area Bandung (022) yang disebut “kosong dua dua”.

Padahal kosong dan nol tidaklah sama. Nol adalah bilangan, sedangkan kosong bukan bilangan. Kosong adalah suatu keadaan dimana tidak terdapat apa-apa. Kalau Anda buka sebuah kotak dan tidak ada apa-apa di dalamnya, itu adalah kosong. Kalau dalam bahasa Inggris, kosong adalah empty. Tidak mungkin kan Anda menyebutkan angka 022 dengan “empty two two”? :mrgreen:

So, mulai sekarang, ayo sebut angka 0 dengan “nol”, bukan “kosong”. :thumb1:

Kosong dan Nol


Tidak ada komentar: