Minggu, 23 Oktober 2016

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Menulis Bahasa Inggris Lebih Baik dengan Grammarly

Posted: 22 Oct 2016 05:49 PM PDT

Jika Anda adalah seorang internet marketer yang sering membidik pasar internasional, pasti sering menulis artikel dalam Bahasa Inggris. Atau mungkin Anda adalah seorang content writer yang menerima pesanan penulisan artikel Bahasa Inggris? Menulis dalam Bahasa Inggris memang susah susah gampang. Jangankan kita orang Indonesia, mereka yang penduduk negara berbahasa Inggris seperti Amerika, Australia, dan Inggris juga sering salah dan sedikit ngaco koq. Sebetulnya dengan kemampuan Bahasa Inggris yang tidak terlalu tinggi pun kita sudah bisa menulis artikel, yang penting isinya atau apa yang kita maksud dapat dimengerti oleh yang membaca. Tapi akan jauh lebih baik lagi apabila kita bisa menulis artikel Bahasa Inggris dengan lebih benar, sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

Grammarly – grammarly.com

Ada beberapa tool yang bisa membantu Anda menulis artikel Bahasa Inggris dengan lebih baik, tapi Grammarly adalah pilihan utama saya. Grammarly bisa mendeteksi kesalahan tatabahasa dan ejaan. Untuk menggunakan Grammarly, Anda harus mendaftar terlebih dahulu, dan setelah login Anda bisa upload file teks atau paste artikel yang sudah ditulis sebelumnya di editor, atau langsung mengetik di editornya. Nanti akan di-highlight penulisan-penulisan yang perlu diperbaiki.

Your writing, at its best.
Grammarly makes sure everything you type is easy to read, effective, and mistake-free.

Eliminate Errors
Instantly fix over 250 types of errors, most of which Microsoft Word® can't find.

Enhance Clarity and Meaning
Find the perfect word every time with context-optimized synonym suggestions.

Become a Better Writer
Learn about your mistakes so that you can avoid them next time.

Write Anywhere
Whether you're writing emails, essays, or social media posts, Grammarly has your back.

Di screenshot di bawah ini (klik untuk gambar lebih besar) terlihat kesalahan dalam kalimat yang di-highlight dengan warna merah. Bila saran perbaikan yang ada di sebelah kanan diklik, maka kata increase itu akan otomatis berubah menjadi increases. Mudah sekali!

Grammarly Editor

Selain web-based, Grammarly juga punya aplikasi desktop dan plugin untuk Firefox, Chrome, dan Microsoft Word. Aplikasi desktopnya tetap memerlukan koneksi internet karena Anda harus login terlebih dahulu, hampir mirip dengan aplikasi web-nya hanya tidak perlu buka browser lagi saja. Dengan plugin browser, Anda akan langsung mendapatkan saran perbaikan, misalnya ketika mengetik email di gmail.

Grammarly menawarkan fitur premium yang memiliki kelebihan seperti tambahan 100 pengecekan tingkat lanjut, deteksi plagiarisme dan lain-lain, bisa dicek di sini. Saya sendiri selalu menggunakan versi gratisannya karena:

  • Buat saya yang gratisannya sudah sangat bagus dan membantu
  • Saya tidak pernah menulis artikel yang “berat” seperti karya tulis ilmiah
  • Versi premiumnya lumayan mahal, sebulannya hampir $30, yang paling murah kalau langsung bayar setahun yaitu $139.95 jatuhnya $11.66 / bulan. Mendingan dipake ngiklan 🙂

 
Kalau Anda mau coba fitur premiumnya gratis, undang teman Anda untuk daftar gratis, dan Anda akan mendapatkan upgrade menjadi premium gratis selama 1 minggu.

Dengan Grammarly, kita bisa jadi lebih percaya diri ketika menulis dalam Bahasa Inggris.

Ada tool lain dengan fungsi serupa dan cukup populer, yaitu Hemmingway. Sama seperti Grammarly, kesalahan tatabahasa atau ejaan di dalam artikel akan di-highlight, tapi saya jauh lebih suka Grammarly karena:

  1. Di Hemmingway, kesalahan yang ditemukan harus kita perbaiki manual, beda dengan Grammarly dimana cukup dengan klik saja maka kesalahan itu bisa diperbaiki otomatis.
  2. Bandingkan screenshot Hemmingway di bawah ini (klik untuk gambar lebih besar) dengan screenshot Grammarly di atas. Saya coba menggunakan kalimat yang sama persis, di Grammarly ditemukan 3 kesalahan beserta saran perbaikannya, tapi di Hemmingway hanya ada 1 kesalahan saja.
    Hemmingway screenshot

 
Hemmingway memiliki aplikasi desktop, mungkin di sana fiturnya lebih bagus tapi saya tidak tahu karena tidak pernah coba soalnya untuk mendapatkan aplikasi desktopnya harus bayar $19.99, mending pakai Grammarly yang gratisan dan lebih bagus saja deh hehe 😀

Menulis Bahasa Inggris Lebih Baik dengan Grammarly

Tidak ada komentar: