Kamis, 14 Juli 2016

isnuansa dot com: 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Memberikan Komentar Di Blog

isnuansa dot com: 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Memberikan Komentar Di Blog


5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Memberikan Komentar Di Blog

Posted: 14 Jul 2016 09:15 AM PDT

Guest Blogger
Jika kita ingin menarik perhatian pengunjung atau blogger lain, maka kita harus berkomentar secara cerdas dan dewasa. Dengan berkomentar secara cerdas dan dewasa, kita akan mudah menarik perhatian pemilik blog, pembaca dan juga blogger lain sehingga mereka berkunjung ke blog milik kita.

Agar komentar kita terlihat cerdas dan dewasa, sebaiknya kita menghindari 5 hal berikut saat memberikan komentar di blog orang lain. Berikut adalah 5 hal tersebut: 

  1. Memberikan komentar tanpa membaca isi postingan

Memberikan komentar tanpa membaca isi postingan terlebih dahulu adalah salah satu hal yang harus kita hindari saat memberikan komentar di blog orang lain. Karena pemilik blog atau pengunjung lain akan bingung dengan isi komentar kita, yang tidak nyambung dengan topik yang sedang dibahas.

Sebelum memberikan komentar, sebaiknya kita membaca terlebih dahulu isi postingan tersebut agar tidak salah memberikan komentar atau tanggapan. Dengan membaca terlebih dahulu, kita bisa memberikan komentar yang relevan dengan topik yang sedang dibahas.

Selain itu pemilik blog akan dengan senang hati membalas komentar kita juga mengunjungi kembali blog kita. Pengunjung atau blogger lain yang membaca komentar kita, juga akan tertarik untuk berkunjung ke blog yang kita kelola.

Jika kita memiliki pertanyaan yang tidak terkait dengan topik postingan yang sedang dibahas, sebaiknya kita menghubungi admin blog tersebut melalui kontak mereka. Namun, jika kita tidak menemukan kontak mereka, kita bisa bertanya melalui komentar.

Saat mengajukan pertanyaan yang tidak terkait dengan topik bahasan. Sebaiknya kita mengatakan terlebih dahulu, jika kita memiliki pertanyaan yang tidak terkait dengan isi postingan tersebut. Lalu mengajukan pertanyaanya.

  1. Memberikan komentar yang umum

Selain berkomentar tanpa membaca postingan terlebih dahulu, sebaiknya kita juga menghindari komentar yang bersifat umum. Komentar umum dalam artian komentar tersebut biasa digunakan oleh orang atau blogger lain untuk berkomentar.

Komentar umum contohnya seperti ini:

  • nice post
  • tips yang menarik
  • info yang bermafaat
  • terima kasih
  • dll

Dengan memberikan komentar yang berbeda, maka komentar kita akan terlihat cerdas dan dewasa, tentu akan menarik perhatian pemilik blog, pembaca, dan blogger lainnya. Sehingga mereka dengan senang hati akan berkunjung ke blog kita.

  1. Meminta dikunjungi balik

Disadari atau tidak memberikan komentar dengan cara ini kurang efektif. Baik untuk menarik perhatian pemilik blog, pembaca, dan blogger lain maupun menjalin tali silahturahmi dengan pemilik blog. Cara ini justru akan membuat komentar kita terlihat tidak unik dan tidak menarik.

Salah satu contoh komentar jenis ini adalah:

ditunggu kunjungan baliknya ya", "mampir donk di blog saya", "saya tunggu kunjungannya di blog saya", dan komentar sejenisnya.

Sebaiknya kita menghindari komentar jenis ini, karena ada kalanya pemilik blog yang kita komentari sedang sibuk. Sehingga belum bisa berkunjung ke blog kita.

  1. Memberikan komentar copas

Komentar copas (copy paste) biasanya gabungan dari 3 jenis komentar sebelumnya, seperti komentar tanpa membaca isi postingan, komentar umum, dan komentar meminta dikunjungi balik.

Ada baiknya kita menghindari komentar jenis ini. Karena komentar jenis ini bisa di bilang kurang eferktif untuk menarik perhatian pembaca, pemilik, dan blogger lain.  Komentar jenis ini juga kurang efektif untuk membangun tali silahturahmi dengan pemilik blog.

Contoh dari komentar jenis ini adalah:

Nice post gan. tulisannya keren, mengalir dan enak dibaca. Ditunggu  kunjungannya di blog saya ya gan. Dan sejenisnya.

  1. Memberikan komentar dengan kata-kata kasar

Terkadang artikel yang diterbitkan di blog orang lain tidak sepandangan dengan pandangan kita. Meski demikian sebaiknya kita menghindari berkomentar dengan menggunakan kata-kata kasar.

Jika kita ingin mengkritisi atau memberi masukan ada baiknya kita menggunakan kata-kata yang baik sehingga tidak menyinggung perasaan pemilik, pembaca dan blogger lain yang sependapat dengan admin blog tersebut. Kalaupun kita ahli di bidangnya, kita pun harus tetap santun menginformasikannya, sehingga kita menghormati sipemilik blog.

Ada baiknya kita ingat filosofi padi: semakin berisi semakin menunduk.

Jika kita berkomentar menggunakan kata-kata kasar tentu hal ini tidak baik untuk menjalin tali silahturahmi dengan pemilik blog tersebut. Selain itu orang lain justru akan berpikiran negatif tentang diri kita, dan ini kurang baik untuk menarik perhatian dari mereka sehingga mereka enggan berkunjung ke blog kita.

Contoh dari komentar jenis ini adalah "lo salah besar, apa yang lo sampein benar-benar salah dan terlihat bodoh. Itu semuah hanya menguntungi lo dan blog lo.” Dan sejenisnya.

Meski selama ini tidak ada aturan yang melarang 5 hal di atas. Namun, sebaiknya kita menghindari memberikan komentar dengan cara diatas. Karena jika komentar kita cerdas dan dewasa kita akan dengan mudah menarik pehatian pemilik, pembaca dan blogger lain yang membaca komentar kita.

Selain itu, kita juga dapat menjaga tali silahturahmi yang baik dengan pemilik blog. Sehingga teman blogger kita akan bertambah banyak dan tentu pengunjung blog kita akan meningkat. Karena kita mampu menarik perhatian orang lain melalui komentar yang cerdas dan dewasa.

Bagaimana sudah siap menghindari 5 hal di atas dengan memberikan komentar yang cerdas dan dewasa saat berkomentar di blog orang lain? Silahkan tulis jawaban Anda di komentar.

Tentang penulis:

Ipin Lambar adalah seorang penulis dan blogger yang ngeblog di www.ipinlambar.web.id . Di blognya, dia menyalurkan aspirasinya begitu besar, liar dan tidak terkendali.

The post 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Memberikan Komentar Di Blog appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: