Sabtu, 02 Juli 2016

isnuansa dot com: 3 Plugin Untuk Mengamankan Blog WordPress Selfhosted

isnuansa dot com: 3 Plugin Untuk Mengamankan Blog WordPress Selfhosted


3 Plugin Untuk Mengamankan Blog WordPress Selfhosted

Posted: 01 Jul 2016 08:52 PM PDT

Guest Blogger

Sebelumnya perkenalkan dulu nama saya adalah Zainudin. Saya hanyalah seorang penulis asal dalam blog sebuah blog pribadi yang masih belum popular seperti blog ini.

Memang benar sih, banyak orang yang mengatakan (mungkin) bahwasannya menjadi seorang blogger itu harus pandai dalam segala hal. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Memang sih jalan yang paling gampang untuk menjadi seorang penulis yang baik adalah dengan mengetahui apa yang menjadi hobby serta kemampuan kita.

Saya sangat ingat sekali saat pertama kali saya menjadi seorang blogger. Terlalu sering saya meng-copy artikel milik orang lain. Sampai-sampai pemilik artikel tersebut marah-marah di blog saya.

Menjadi seorang blogger merupakan hal suatu yang menyenangkan, terlebih lagi jika kita sudah mengetahui apa yang menjadi kemampuan kita. Sehingga dengan mengetahui hal itu, kita dapat dengan mudah mencurahkan apa yang ada dalam benak kita dalam bentuk tulisan.

Sehingga dengan itu blog yang kita buat juga akan memcerminkan jati diri kita sebagai owner-nya. Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin sering saya meng-update tulisan saya akhirnya saya menemukan apa yang menjadi sumber inspirasi saya dalam menulis blog.

Akan tetapi pada saat saya sudah menemukan jati diri saya dalam penulisan blog, saat itu juga blog yang saya kelola diretas oleh oknum yang tidak bertangung jawab.

Sedih sekali yah? Waduh malah jadi curhat nih.

Untuk melunasi hutang saya pada judul diatas saya akan berbagi plugin yang saya rasa sangat handal untuk mengamankan blog anda yang berbasis WordPress.

  • All In One WP Security

Plugins ini saya rasa sangat handal untuk menangkal serangan yang bersifat brute force serta bisa juga untuk menangkal spam yang masuk ke blog teman-teman. Banyak fitur yang tersedia di dalamnya selain ke-2 fitur diatas masih banyak lagi fitur yang lain.

Diantaranya adalah untuk membatasi kesalahan pada saat login user, mem-blacklist IP yang mencurigakan serta untuk scan seluruh file pada blog WordPress teman-teman. Oh iya hampir lupa salah satu fitur yang menurut saya menarik dan tentunya ini sangat penting adalah plugin ini juga mempunyai kemampuan untuk edit permission setiap direktori folder anda.

  • Wp Firewall

Plugin ini bermanfaat untuk:

  1. Mem-block directory-directory yang bersifat penting dan rentan akan serangan (../, ../../etc/password, etc.)
  2. Mem-block SQL queries (union select, concat (, /**/, etc.) yang biasa ada pada bug WordPress versi tertentu serta untuk menangkal serangan sql injection dari url blog teman-teman.
  3. Mem-block query-query mencurigakan ke database WordPress  anda wp_, dan berusaha menyerang wp-login.
  4. Mengeblock  IP-IP yang  berusaha untuk meng-upload shell serta berusaha untuk menanamkan backdoor ke blog kita.
  • Google Authenticator

Plugins ini sangat bermanfaat untuk mencegah brute force attack dengan menerapkan verifikasi login 2 kali ke blog kita. Sehingga dengan plugin ini kita perlu meng-install aplikasi Free OTP yang berbasis android yang disponsori oleh redhat untuk login menggunakan plugins ini.

Terima kasih telah bersedia membaca tulisan ini.

~~~

Tulisan ini ada Guest Post karya Zainudin, blogger yang menulis di GudegJogja.Net. Teman-teman bisa menulis guest post juga untuk blog ini, dengan syarat yang bisa dibaca di sini.

The post 3 Plugin Untuk Mengamankan Blog WordPress Selfhosted appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: