Rabu, 13 Agustus 2014

isnuansa dot com: Bagaimana Cara “Memarketingkan” Produk Apapun Melalui Internet

isnuansa dot com: Bagaimana Cara “Memarketingkan” Produk Apapun Melalui Internet


Bagaimana Cara “Memarketingkan” Produk Apapun Melalui Internet

Posted: 13 Aug 2014 01:32 AM PDT

Perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini membuka jalan yang sangat luas kepada kita untuk bisa mengembangkan atau menjual apa saja melalui media online. Penulis dalam hal ini bukan seorang pakar marketing, dan hanya menyampaikan tulisan yang berdasarkan opini, dan sedikit pengetahuan tentang internet marketing. Tujuannya adalah bisa memberikan harapan dan gambaran bahwa peluang usaha di internet marketing ini sangat luas dan mudah, jika kita mau mencoba, mau belajar, dan membuka mata dengan teknologi dan informasi.

Jualan%2520Online Bagaimana Cara

Dalam artikel ini penulis akan mengambil contoh menjual jaket jaket online. Kenapa? Karena biasanya dengan adanya contoh akan lebih mudah memahami apa yang mau saya sampaikan dalam artikel ini.

Ada 4 hal yang harus kita perhatikan sebelum menjual produk apapun, dalam hal ini saya berbicara menjual jaket kulit:

1. Produk

2. Price

3. Place

4. Promotion

model jaket kulit cewe terbaru Bagaimana Cara

Produk: Contoh Jaket Kulit

Apa produk yang akan kita jual. Sebelum kita menjual produk tersebut kita harus mengetahui Pengetahuan tentang produk (Produk Knowledge). Misalkan saya menjual jaket kulit, maka saya harus tahu kualitas jaket kulit yang mau saya jual itu seperti apa. Bagaimana proses nya dari mulai pembuatan, pengiriman dan sebagainya harus benar-benar kita pahami. Sedikit tips dari saya jika anda berniat menjual produk apapun, maka anda harus 100% yakin dan percaya dengan kualitas produk yang anda jual. Logikanya bagaimana orang mau percaya dan membeli produk anda jika anda sendiri tidak percaya???

Price

Strategi harga memiliki peranan penting. Anda harus memikirkan harga yang layak untuk produk yang akan dijual. Caranya adalah cek harga kompetitor kemudian tentukan margin. Contoh: harga jaket kulit rata-rata di 10 website; penjual jaket kulit online adalah 900rb, harga modal 650rb, dan margin yang saya inginkan adalah 20%. Maka harga jaket kulit yang akan saya jual adalah 780rb sebelum ongkos kirim. Jika kita analisa maka harga yang saya ambil untuk jaket kulit ini adalah sangat bagus karena harganya masih dibawah harga rata-rata kompetitor, dan tetap bisa memenuhi margin yang saya harapkan. Silahkan aplikasikan ke produk apapun yang akan anda jual.

Place

Jika saya ingin menjual jaket kulit secara offline, maka mutlak saya harus memiliki tempat atau toko. Maka dengan internet marketing yang diperlukan adalah website. Keunggulannya adalah website ini bisa diakses 24jam full nonstop, target marketnya adalah semua orang yang menggunakan internet di manapun, serta Modal yang sangat murah jika dibanding buka toko offline. Sebagai contoh: yang saya lakukan adalah membuat website jaket kulit baik membuat sendiri atau menggunakan jasa pembuatan toko online. Dalam internet marketing ada yang disebut optimasi on page. Optimasi on page ini adalah cara mengoptimalkan web sehingga tidak saja menarik untuk manusia/customer, tapi juga menarik search engine terutama Google sebagai mesin penelusuran terbesar saat ini agar diberikan peringkat yang bagus dalam hal ini targetnya adalah page 1, agar setiap pencari yang menggunakan google bisa melihat web kita dan akhirnya akan berkunjung di website kita.

Promotion

Nah sekarang saya sudah memiliki produk (jaket kulit), harga sudah saya tentukan, website sudah siap. Selanjutnya apa?

PROMOSI. Inilah motor penggerak usaha anda. Di pemasaran offline dikenal dengan promosi melalui media elektronik, spanduk, pameran, iklan di media cetak dll yang tujuan akhirnya adalah untuk menarik orang agar mengenal produk, dan tujuan akhirnya adalah mau membeli produk ke kita. Produk yang bagus, harga termurah, website professional, tidak akan ada gunanya jika orang tidak tahu.

Logikanya begini: saya punya toko jaket kulit yang cukup "WAH", harga yang ditawarkan paling murah, tapi tidak ada pengunjungnya, maka yang terjadi adalah beberapa bulan kemudian bangkrut! Ini berlaku juga di internet marketing.

Beberapa hal yang akan saya lakukan dalam memasarkan/promosi produk saya, dalam hal ini contohnya jaket kulit, dengan asumsi semua hal diatas seperti produk, harga, dan tempat sudah siap, yaitu:

1. Saya akan memberikan discount opening, atau sensational promo lainnya agar pengunjung web saya tertarik dan mau mencoba jaket kulit saya.

2. Saya akan melakukan optimasi SEO agar web saya memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari dengan kata kunci yang saya bidik, dalam hal ini fokus utama saya adalah google. Karena SEO ini sangat kompleks, dan bahasannya luas, maka mungkin nanti akan saya buat artikel tentang seo toko online, atau bisa juga anda search di Google tentang SEO, atau bisa anda search di isnuansa.com.

3. Promosi berbayar: dengan memasang iklan di google adword, Facebook ADS, dan iklan baris di blog besar seperti blog detik dll

4. Evaluasi dan fokus akan kepuasan customer. Dalam hal ini yang lebih spesifiknya adalah: kontak admin yang Fast Respon, mudah, lengkap, dan ramah. Mau mendengarkan masukan dan complain customer dan segera melakukan perbaikan. Jangan hanya berpaku pada keuntungan, karena kepuasan customer adalah yang paling penting, dan secara otomatis akan memberikan keuntungan yang berlipat-lipat.

Itulah poin-poin penting tentang bagaimana cara yang memarketingkan produk apa saja melalui media internet. Semoga bermanfaat.

~~~

Artikel Guest Blogger ini ditulis oleh Tedi Sangpemimpi dengan blog yang beralamat www.tokojaketkulit.net

The post Bagaimana Cara "Memarketingkan" Produk Apapun Melalui Internet appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: