Rabu, 04 Juni 2014

isnuansa dot com: Kangen Masakan Mama, Gudangan

isnuansa dot com: Kangen Masakan Mama, Gudangan


Kangen Masakan Mama, Gudangan

Posted: 04 Jun 2014 10:05 AM PDT

Lidah ndeso saya ini agak lama beradaptasi dengan makanan baru. Kadang kalau ngerasain makanan yang baru, nggak bisa langsung suka. Harus nyobain berkali-kali dulu, biar bisa jatuh cinta. Beda dengan makanan rumahan ala mama saya, yang sedari kecil sudah terbiasa masuk ke perut, pasti saya doyan. Dan berhubung sudah lama nggak tinggal sama mama, kadang suka kangen dengan masakannya. Tapi males juga kalau pulang ke rumah mama, macet dan panasnya ampun-ampunan.

Minggu kemarin saya nyobain bikin gudangan, salah satu masakan yang saya kangenin. Sengaja milih masak yang gampang-gampang aja, tapi sehat, karena isinya sayuran yang banyak mengandung serat. Gudangan ini makanan khas Jawa ya. Yogya, Solo, Semarang, pasti punya versi tersendiri akan gudangan ini. Sebagian menyebutnya dengan urap. Isinya, berbagai macam sayuran yang direbus, diurap jadi satu dengan bumbu sambal kelapa.

Bumbu sambal kelapanya sendiri ada dua macam cara memasaknya, bisa dengan dikukus, dan bisa juga dengan ditumis, hampir mirip seperti saat membuat serundeng. Saya pilih yang dikukus saja, karena lebih praktis. Tapi juga ada sedikit kelemahannya, yaitu kurang tahan lama. Gudangan ini enak dikonsumsi untuk satu kali makan saja. Jadi bikin satu porsi, dan langsung dihabisin.

Gudangan Ala Mama

• Prep time: 15 min
• Cook time: 15 min
• Total time: 30 min
• Yield: 2
• Difficulty: easy
• Recipe type: side dish (?)

Ingredients:
1 ikat kecil kacang panjang (isi kurang lebih 7 buah)
5 lembar daun kol
50 g tauge
1 ikat kecil bayam
1 ikat kecil kangkung
250 g kepala parut
2 sdm gula merah
1 ruas kecil kencur
3 buah cabai merah
2 buah bawang putih
2 sdt garam
1 sdt terasi (kalau suka)
2 lembar daun jeruk
2 sdm Olive Oil

Urap%2520Olive%2520Oil Kangen Masakan Mama, Gudangan

Directions:
1. Siangi dan cuci bersih semua sayuran. Rebus satu per satu sampai cukup empuk. Tiriskan.
2. Untuk membuat bumbu kelapanya, haluskan semua bumbu dan campur rata dengan kelapa parut. Kukus selama 15 menit. Saya biasa memasukkannya ke dalam rice cooker saat nasi yang saya masak sudah matang. Praktis, kan?
3. Sesaat sebelum disajikan, tuang kurang lebih 2 sendok makan Olive Oil, dan aduk rata semua sayuran dengan bumbu urap. Nyam, gudangan ala mama saya sudah siap disantap dengan nasi panas dan tempe goreng.

Lhoh, kok ditambah Olive Oil?

Iya. Biar sehat makanannya. Tinggal tuang sedikit Olive Oil, trus dicampur, jadi makin yummy deh tuh urap. Pilih dari jenis Extra Virgin Olive Oil ya, kalau mau nambahin langsung ke dalam makanan yang sudah matang. Gampang kok bedainnya. Yang botolnya berwarna hijau, biasanya Extra Virgin Olive Oil. Jenis Virgin Olive Oil dan Olive Oil, warna botol kemasannya bening. Saya bisa dapat berbagai pengetahuan tentang Olive Oil karena sudah like fanpage Bergabunglah di Revolusi Olive Oil dan follow twitter @OliveOil_ID. Yuk, ikutan gabung. icon wink Kangen Masakan Mama, Gudangan

The post Kangen Masakan Mama, Gudangan appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: