Jumat, 07 Februari 2014

isnuansa dot com: Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali

isnuansa dot com: Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali


Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali

Posted: 07 Feb 2014 04:07 AM PST

Meskipun saya nggak doyan sushi, semangat saya menyala-nyala ketika diundang untuk hadir di acara Cooking Japan School Caravan. Cooking Japan School Caravan ini adalah road show ke 5 sekolah untuk mengenalkan Healthy Eating Habits kepada anak-anak. Salah satu acara di dalam Cooking Japan School Caravan adalah belajar bikin sushi. Yes! Kapan lagi dong ya, bisa belajar bikin sushi secara gratis? Mumpung ada yang ngundang, cuusss!

Cooking%2520Japan%2520School%2520Caravan%25201 Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali  Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali

Saking semangatnya, saya sampai lokasi di SD Gondangdia Argentina 01 sebelum jam 09.00 pagi, hihihi… Ibu-ibu dan anak-anak sudah duduk di tempat masing-masing untuk belajar membuat sushi. Saya mendaftar sesi 2 aja deh. Sesi 1 sudah penuh soalnya. Bahan membuat sushi sudah tersedia di atas meja. Sesi 1 ini membuat Sakura Roll Sushi dipandu oleh chef dari Young Chef Academy.

Tuh, lihat, betapa antusiasnya ibu-ibu yang ikutan bikin sushi bareng anak-anaknya. Sebelum bikin sushi, wajib narsis dulu lah ya, foto-foto, hehehe. Sama sih, saya juga. Sambil nunggu giliran sesi 2 dimulai, saya keliling aja, ngambil gambar mereka.

Cooking%2520Japan%2520School%2520Caravan%25202 Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali

Di depan panggung, chef dari Young Chef Academy mempraktekkan cara membuat Sakura Roll Sushi, dan anak-anak memperhatikan melalui layar televisi yang ada di sebelah kanan dan kiri meja peserta. Saat chef demo membuat sushi, semua belum boleh menyentuh properti yang ada di meja. Nanti, semua peserta membuat sushi dalam waktu bersamaan dan dibatasi hanya 10 menit saja. Hasilnya, ditata dalam sebuah meja, dan akan dinilai oleh juri. Tiga sushi terbaik akan mendapatkan hadiah dari Cooking Japan, Young Chef Academy dan juga diskon tiket Garuda Indonesia rute Jakarta-Jepang. Wuih, asyik, ya.

Cooking%2520Japan%2520School%2520Caravan%25203 Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali

Begitu aba-aba dimulai untuk praktek membuat sushi sendiri, semua langsung membuka kotak bahan masing-masing. Kerjasama antara ibu dan anak membuat sushi, harus dilakukan dengan efektif, karena waktunya terbatas. Ada yang lupa step-stepnya, terpaksa deh, nyontek meja yang sebelahnya, hehehe..

Yang paling bikin geregetan adalah pada saat memotong sushi menjadi beberapa bagian. Penampilan sushi yang pada saat digulung sudah terlihat bagus, bisa berubah berantakan dan bocel-bocel kalau pisaunya terlalu kering.

Cooking%2520Japan%2520School%2520Caravan%25204 Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali

Nah, giliran saya di sesi 2, sushi yang dibuat adalah California Roll. Sedikit berbeda dengan Sakura Roll Sushi, posisi nori di California Roll ada di sebelah dalam, dan tobiko di sebelah luar. Bahan lengkap dari California Roll adalah nori (lembaran rumput laut), tobiko (telur ikan terbang), gari (jahe), alpukat, selada, kyuuri (timun Jepang), shoyu (kecap asin), wasabi, dan nasi sushi.

Saya mencoba bikin juga, dan sukses dong kalau menurut ukuran saya. *muji diri sendiri*

Cooking%2520Japan%2520School%2520Caravan%25205 Belajar Bikin Sushi Untuk Pertama Kali

Beginilah penampakan sushi bikinan saya. Nggak jelek-jelek amat, thoh? Lumayan, hasilnya bisa dimakan atau dibawa pulang. Beberapa anak yang saya tanya mengaku seneng bisa belajar membuat sushi. Apalagi, selain itu mereka juga kedatangan tokoh animasi kecintaan anak-anak, Bima sang Ksatria Garuda. Jika berhasil menjawab pertanyaan, anak-anak bisa berfoto bersama Bima sang Ksatria Garuda.

Dalam acara Cooking Japan School Caravan ini, setiap peserta memperoleh goodie bag berisi minuman teh ocha, notes cantik, dan sebuah Fan Book Cooking Japan. Apa Fan Book Cooking Japan itu? Ini semacam passport buat bisa dapetin hadiah tiket gratis ke Jepang PP gitu. Wuih, asyik kan? Trus, gimana caranya dapetin tiket gratis ke Jepang PP dengan Fan Book Cooking Japan? Caranya dengan beli makanan Jepang di salah satu restoran, lalu menempelkan bon pembeliannya di Fan Book Cooking Japan, dan mengirimkan fotonya ke email Cooking Japan. Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini ya.

Seneng banget deh hari ini, bisa nambah lagi satu kemampuan saya. *halah* Yang pengen ikutan acara serupa, bisa dateng tanggal 14 Februari 2014 ke SD Mexico, Kebayoran Baru, Jakarta. Kalau mau tahu info lebih jelasnya, bisa ke link-link berikut ini ya:

Facebook: Cooking Japan

Tidak ada komentar: