Rabu, 19 Februari 2014

isnuansa dot com: Bagaimana Sih Karakteristik Tulisan Blog Yang Oke Itu?

isnuansa dot com: Bagaimana Sih Karakteristik Tulisan Blog Yang Oke Itu?


Bagaimana Sih Karakteristik Tulisan Blog Yang Oke Itu?

Posted: 18 Feb 2014 11:15 PM PST

Dari pengalaman pribadi, membaca artikel blog memang berbeda dengan membaca artikel di media cetak. Selain mata cepat lelah karena lama menatap layar monitor, banyaknya distraksi di dunia maya membuat pembaca blog rata-rata menginginkan sesuatu yang langsung dicerna. Jadi tak heran jika teknik fast reading maupun fast scanning menjadi fenomena paling hot sepanjang hayat.

Wajar saja, pembaca blog sebagian besar berkunjung dengan satu tujuan khusus: yang nyasar dari google dengan kata kunci tertentu berharap artikel yang dibaca bersifat up to date dan bisa langsung dipraktekkan; yang datang dari referensi situs lain berharap artikel yang ada bisa memperjelas topik yang ada; dan yang datang dengan maksud nyepam, ya tinggal scroll mouse cepat-cepat ke bawah dan menyerbu kotak komentar *hehe.

Lalu timbul pertanyaan, sebaiknya bagaimana sih karakteristik tulisan blog yang oke itu?

Mungkin jawabannya akan berbeda, tergantung dari mana sudut pandang yang diambil dan faktor pengalaman pembaca juga sedikit banyak berpengaruh.

Untuk itu saya mencoba share tips menulis blog yang saya intip dari buku Creative Blog Writing-nya Ollie (@salsabeela) tentang karakteristik tulisan blog yang sebaiknya Anda tahu (kutipan dari buku saya uraikan dengan bahasa sendiri):

Relatif lebih ringan dan bergaya ala percakapan. Iya dong, artikel blog sebaiknya memang begitu. Saya sendiri lebih menikmati membaca artikel blog model beginian, yang salah satunya seperti artikel-artikel yang ada di blog isnuansa.com ini. Santai, bahasanya ngga njelimet, jadi serasa ngobrol dan ngopi bareng dengan penulisnya deh. icon smile Bagaimana Sih Karakteristik Tulisan Blog Yang Oke Itu?

Pendek dan to the point. Yup, saya kadang langsung berkunang-kunang kalau membaca satu paragraf yang rapat dengan banyak kalimat dan lebih dari satu ide utama. Agar enak dibaca, buku ini menyarankan agar artikel blog maksimal memuat tiga kalimat di satu paragraf, mengingat pembaca blog lebih suka 'mengunyah' artikel layaknya snack, bukan nasi goreng porsi jumbo.

Dapat dibaca cepat. Jadi ngga masalah kalau dibaca dengan teknik fast reading, karena poin-poin pesan tulisan langsung dapat dikenali lewat judul dan paragraf di bagian awal artikel. Dari situ pembaca langsung bisa memutuskan: lanjut baca kagak nih?

asyik%252520blog Bagaimana Sih Karakteristik Tulisan Blog Yang Oke Itu?

Dukungan gambar. Ini yang kadang luput dari pengamatan karena blogger sering lupa kalau pembaca blog adalah visual reader. Saya sendiri lebih enjoy melahap artikel dengan sisipan gambar (jangan gambar yang aneh-aneh ya!), apalagi kalau yang dibaca artikel jenis tutorial. Kalaupun melulu isinya berupa tulisan, buku ini menyarankan tulisan dipoles dengan format bold, italic dan semacamnya agar lebih mengena di mata.

Mempertimbangkan SEO (Search Engine Optimization). Jujur saja, untuk masalah ini saya belum begitu menguasai. Jadi untuk lebih jelasnya tanyakan pada blogger-blogger yang lebih ngerti ya?

Dan yang terakhir, adanya sentuhan personal. Bener banget. Ini yang menjadikan satu tema artikel akan berbeda hasil tulisannya jika ditulis oleh blogger yang berlainan, karena masing-masing blogger punya 'suara' dan gaya khas sendiri-sendiri. By the way, sampai disini ada yang tau artikel ini ditulis oleh siapa? *uhuks.

Nah, semoga apa saya jabarkan ini dapat menambah wawasan Anda tentang karakteristik tulisan blog yang oke ya? Dan lebih kurangnya saya mohon maaf bila ada kekurangan, dan minta kembalian jika ada kelebihan (opo iki!).

And don't forget to keep writing! icon smile Bagaimana Sih Karakteristik Tulisan Blog Yang Oke Itu?

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Darin, boleh juga lho follow twitternya @darinholic kalau mau kenal lebih dekat. icon wink Bagaimana Sih Karakteristik Tulisan Blog Yang Oke Itu?

Tidak ada komentar: