Minggu, 21 Februari 2016

isnuansa dot com: Jadi Penyusup di Kopdar Komunitas Bukalapak Bogor

isnuansa dot com: Jadi Penyusup di Kopdar Komunitas Bukalapak Bogor


Jadi Penyusup di Kopdar Komunitas Bukalapak Bogor

Posted: 20 Feb 2016 10:09 PM PST

Di awal-awal saya ngeblog dulu, saya suka sekali kopdar dengan teman-teman blogger. Dari kopdar itulah, saya bisa dapetin banyak manfaat yang nggak pernah terbayang sebelumnya. Sebelum biasa kopdar, saya sudah cukup puas sekedar bisa menulis dan memencet tombol publish ketika hendak menerbitkan tulisan.

Begitu mengikuti kopdar, kemudian ada teman menawarkan membuatkan template custom dan menguruskan TLD, saya kaget. Baik-baik bener ya teman-teman blogger ini. Jadilah saya si blogger gaptek ini banyak belajar dari satu kopdar ke kopdar lainnya. Sampai sekarang udah sepuluh tahun ngeblog, udah nggak kehitung lagi berapa banyak kopdar yang pernah saya hadiri.

Nah, soal kopdar ini saya pikir memang cuma diadakan oleh berbagai kelompok penghobi yang sama. Misalnya hobi otomotif, ngeblog, olahraga, film dan sebagainya. Rupanya tidak!

Para pedagang pun ternyata juga biasa kopdar, lho.

Suasana Kopdar Bukalapak

Hari Sabtu 20 Februari 2016 kemaren, saya diajak hadir ke kodarnya para penjual (seller) di Bukalapak. Seller ini tergabung di Komunitas Bukalapak berdasarkan kota tempat tinggalnya. Ya biar lebih gampang kalau mau kopdar, kan ya? Udah ada di lebih dari 30 kota lho ternyata komunitas seller di Bukalapak ini. Salah satu yang terbesar dan aktif adalah Komunitas Bukalapak Bogor.

Bertempat di Rumah Makan Bogor Kuring, tak kurang dari 150 member komunitas hadir untuk bertukar pengalaman. Seru ya? Sudah pasti seru lah. Kita aja kalau kopdar dengan teman-teman blogger juga seru, kan?

Saya melihat antusiasnya para seller ini ketika ngobrol dengan teman-temannya, ngariung bareng sambil lesehan dan menikmati makanan. Dari kopdar seperti ini, mereka bisa bertukar pengalaman berjualan di Bukalapak, hingga bertukar kartu nama karena prospek ke depannya bisa saja mereka bekerjasama saling menjualkan barang dagangan masing-masing.

Fikri, Head of Community Management

Acara kopdar Komunitas Bukalapak Bogor ini dihadiri oleh tim dari Bukalapak. Dibuka oleh Muhammad Fikri (Head of Community Management Bukalapak), yang menyebutkan bahwa adanya komunitas di Bukalapak ini adalah salah satu hal positif pembeda dari marketplace lainnya. Fikri mengajak peserta semangat mengikuti acara dengan tepukan yel-yel Bukalapak.

Walikota Bogor Bima Arya

Kopdar juga dihadiri oleh Walikota Bogor Bima Arya yang pada kesempatan tersebut sekaligus memberikan informasi bahwa akan ada bantuan dari pemerintah pusat kepada sekitar 100 UMKM di Kota Bogor yang akan difasilitasi dengan pembuatan dan pelatihan website toko online.

Amin Top Seller Jakarta Bukalapak

Sesi sharing pertama diisi oleh Om Amin, seorang top seller dari Jakarta. Om Amin berbagi tentang pentingnya SEO dalam berjualan. Hihihi, nggak cuma blogger aja yang harus belajar search engine optimization ya. Beberapa seller memang belum familiar soal penggantian nama file foto asli dengan keyword daripada dibiarkan IMGsekian.JPEG, misalnya.

Om Zaky CEO Bukalapak

Kehadiran CEO Bukalapak, Om Zaky, menambah semangat para seller mengikuti kopdar komunitas Bukalapak Bogor ini. Om Zaky menjelaskan soal perlunya kreatifitas dalam berjualan. Produk boleh sama, tetapi berbeda kreatifitas dalam berdagang pasti hasilnya akan lain. Di Bukalapak ada lebih dari 650.000 pelapak dan beberapa waktu terakhir ini jumlahnya bertambah sekitar 3.000 pelapak setiap harinya.

Om Dyansyah Top Seller Bukalapak Bogor

Om Dyansyah, top seller asal Bogor yang mengembangkan bisnis casing handphone ini, sukses mendapatkan lebih dari 12 ribu feedback. Kenapa bisa? Karena beliau memberikan respon secepat mungkin. Dan rata-rata pengiriman barang setelah transaksi adalah 22 jam! Wow. Respon yang cepat, kualitas barang sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan pada produk, hasilnya pasti feedback positif.

Om Dyansyah juga tak segan berbagi berbagai kiat dalam mensiasati saat-saat sepi orderan.

Blogger Bukalapak

Seneng bisa ikut acara komunitas seller di Bukalapak dari Kota Bogor ini. Nambah wawasan, nambah teman baru lagi. *lirik dedek-dedek blogger unyu di samping*

The post Jadi Penyusup di Kopdar Komunitas Bukalapak Bogor appeared first on isnuansa.com.

Tidak ada komentar: