Senin, 23 Desember 2013

isnuansa dot com: Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan

isnuansa dot com: Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan


Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan

Posted: 23 Dec 2013 02:05 AM PST

Hari Jumat 20 Desember saya pergi ke Indonesia Japan Expo 2013 di JIE Kemayoran. Jauh sih, tapi karena penasaran dengan pameran produk-produk dan kesenian dari Jepang, rela deh bangun lebih pagi dan menuju Kemayoran.

Begitu masuk, langsung amazed. Saya lihat ada sepeda listrik, robot, alat yang bentuknya seperti lemari es tetapi transparan dan gunanya untuk menanam pohon, ada lagi ‘taman berjalan’, buah-buahan ukuran super yang rasanya enak banget (saya nyobain gratis) dan berbagai macam jajanan dan kreatifitas orang Jepang lainnya ada di sana.

 Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan

Karena perut dari pagi belom diisi, melipirlah saya ke bagian yang disulap seperti konsep food court gitu. Ada banyak penjual makanan siap saji, dan sebelahnya deretan kursi meja tempat nongkrong cantik. Saya nyobain oden dan onigiri yang ada di Cooking Japan. Ada juga sih ramen, tapi saya takut kebanyakan, perut nggak muat. Selesai makan, nggak lanjut beranjak keliling-keliling, karena makanan ‘biar turun’ dulu.

 Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan

Di booth Cooking Japan ini dijual berbagai makanan Jepang seperti teriyaki sauce, minuman lemon tea, kopi siap minum dalam kemasan, sushi seasoning, mayonnaise, nori dan lain-lain. Beberapa makanan masih diproduksi di Jepang (bahkan di kemasan hanya ada huruf kanji), tetapi ada juga yang sudah produksi dalam negeri, seperti mie dalam cup dan minuman teh beraroma green tea.

 Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan

Saya lihat animo pengunjung untuk membeli produk makanan Jepang ini cukup tinggi, meskipun saya lihat masih banyak makanan yang belum menyertakan label halal.

Melalui Indonesia Japan Expo 2013 ini Cooking Japan juga berusaha mengenalkan beberapa makanan yang telah memperoleh sertifikat halal. Sebagai contoh adalah Saiwai curry sauce mix produksi Inoue Spice Industry co., ltd yang merupakan saus kare pertama dari Jepang yang memperoleh sertifikat halal. Begitu juga Sunpu aoido shizuoka green tea, teh premium yang dibandrol dengan harga JPY 500 produksi Chuo Seiko co., ltd ini juga halal.

Ya perlahan namun pastilah ya, produk-produk makanan ‘made in Japan‘ ini bisa memperoleh sertifikasi halal. Nggak cuma berguna untuk pasar di Indonesia saja, hal ini juga untuk mendukung tourism dan warga muslim yang tinggal di Jepang makin mudah menemukan makanan Jepang yang halal.

Tentunya, pulang nggak dengan tangan hampa dong ya, saya membeli satu paket mie ramen dalam kemasan cup seharga Rp. 15.000,- saja. Murah meriah, dan cocok di lidah saya, hehehe…

Setelah itu, tentunya saya melipir lagi ke booth-booth lainnya. Lumayan banyak ketemu orang Jepang yang sudah tinggal di Indonesia juga, dan sebagian penjaga booth lancar berbahasa Indonesia. Senangnya.. Kerjasama antara Indonesia dan Jepang ini ternyata lumayan besar juga ya, ada 1.200 perusahaan Jepang yang membangun usahanya di Indonesia. Uwoow..

Mencari-cari di manakah ada workshop Kurumie seperti yang pengen saya ikuti, ternyata malah nggak ketemu. Adanya workshop kinchaku. Ya, udah deh, batal. Saya malah jadi tertarik dengan peragaan minum teh ala Jepang di panggung Hall A.

 Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan

Salah satu yang menarik hari itu, adalah penerapan konsep Monozukuri dan Smart Community di kota Kitakyushu, yang 50 tahun lalu mengalami pencemaran udara dan air. Disebutkan, Kitakyushu adalah ‘dead sea Dokai Bay’ where even bacillus coli can’t survive. Tahun 2002 Kitakyushu menerima 'Earth Summit 2002 Sustainable Development Award' di Johannesburg Summit atas keberhasilannya menangani pencemaran limbah. Semoga Jakarta bisa banyak belajar dari Kitakyushu ya. Biar macet, banjir dan polusi yang ada, perlahan bisa dikurangi.

Nggak papa ya, mimpi. Harus optimis bisa tercapai lah, meski pulang dari JIE Kemayoran, saya terjebak macet di jalanan hampir dua jam. Tapi senaaaang~ bisa jalan-jalan.  Nyicip Makanan Jepang Yang Halal Di Cooking Japan

Tidak ada komentar: