Rabu, 20 November 2013

Jimmy Sun

Jimmy Sun

Link to Jimmy Sun

Selamat Tinggal HostGator

Posted: 19 Nov 2013 04:25 PM PST

Selamat tinggal HostGator (HG).. Hampir 4 tahun kita berhubungan dengan baik, akhirnya sekarang saatnya hubungan ini harus diputuskan :brheart: Hahaha.. Ya, HG sekarang memang sudah berbeda dengan HG yang dulu. Selama lebih dari 3,5 tahun saya tidak pernah merasakan satu masalah pun dengan HG, sampai tiba-tiba sekitar 2 minggu lalu tiba-tiba account saya kena suspend :(

Alasannya klasik untuk urusan shared hosting, website saya menggunakan terlalu banyak resource server mereka, sehingga mengganggu kinerja server dan mengganggu account orang lain. Padahal saya tahu web saya seharusnya masih bisa dihandle oleh shared hosting karena pengunjungnya yang tidak terlalu banyak.

Saya hubungi live chat HG, ternyata mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Untuk urusan account suspension sudah ada bagiannya sendiri, dan tidak bisa dihubungi via chat. Jadi saya harus buat me-reply tiket dan menunggu jawaban mereka dengan sabar. Sayangnya, jawaban mereka agak lambat. Untungnya mereka masih beri saya akses ke cPanel. Akhirnya saya cabut 2 web jualan dari HG, back up file dan databasenya, dan langsung dipindahkan ke hosting lokal. Syukurlah langsung up lagi. Saya juga hapus banyak file yang sudah tidak terpakai, hapus beberapa addon domain yang sudah “sekarat” :D beserta database MySQL-nya.

Masalah belum selesai, karena account masih di-suspend, saya tidak bisa masuk ke WordPress Dashboard. HG memberi akses untuk saya bisa masuk ke dashboard menggunakan 1 alamat IP saja, yaitu alamat IP yang saya gunakan untuk masuk ke cPanel. Masalahnya, alamat IP saya (pakai speedy) berubah-ubah. Jadilah saya harus minta supaya saya bisa diberikan akses ke dashboard menggunakan password, jangan menggunakan alamat IP. Nunggu lagi… :waiting:

Setelah bisa masuk ke dashboard, install plugin WP Super Cache di web utama, submit tiket lagi agar dilakukan review atas account saya, supaya bisa di-unsuspend. Nunggu lagi.. :waiting: Setelah hampir 48 jam, akhirnya suspend account saya dicabut :lol:

Sebelum kejadian ini saya sudah sering baca di internet mengenai HG yang sudah turun sangat jauh performanya dibandingkan dulu. Setelah dijual ke EIG (Endurance International Group), HG mulai kacau. EIG ini adalah perusahaan hosting yang mengakuisisi hosting-hosting lain, HG salah satunya. Sudah ada lebih dari 50 merk hosting yang mereka pegang. Harapannya, banyak pelanggan yang misal kecewa dengan 1 hosting mereka, akan pindah ke hosting lain yang ternyata masih milik mereka juga :roll: Silakan googling untuk cari tahu lebih banyak tentang EIG ini, biasanya mereka menawarkan yang serba unlimited.

Walaupun sudah banyak kritik dan artikel negatif mengenai HG dan EIG, saya tidak terlalu ambil pusing karena web saya masih baik-baik saja, tidak ada masalah.. saya hanya merasakan memang belakangan menghubungi live chat support HG ngantrinya lama, bisa sampai 30 – 40 menit. Mungkin terlalu banyak yang protes ya :D Sampai kejadian kena suspend itu, saya pikir ini memang saatnya untuk beralih ke hosting lain, yang bukan merupakan grup EIG, tentunya. Lagian, karena web yang dihost di HG sekarang sudah sedikit, terlalu mahal harga yang saya bayar untuk paket shared hosting mereka.

Riset punya riset, banyak baca di forum-forum, saya pilih Crocweb. Memang tidak serba unlimited, tapi cukup lah, dengan harga yang lebih terjangkau pula. Memang saya belum bisa berikan review banyak mengenai Crocweb ini karena baru beberapa hari, tapi untuk awal mereka sudah memenangkan hati saya :love2: Supportnya cepat (walaupun tidak / belum ada live chat support, live chat nya hanya untuk sales saja), saya buka tiket untuk meminta agar semua dari hosting lama dipindahkan ke account baru saya, tidak sampai 10 menit segalanya sudah selesai! Saya tinggal update nameserver domain, dan sudah langsung jalan lagi, tidak ada masalah sama sekali. Akses website juga terasa lebih cepat, karena mereka menggunakan server LiteSpeed.

Semoga hubungan saya dengan hosting baru ini dapat berjalan dengan mulus, lancar, dan tidak perlu ada kata putus lagi :love:

Selamat Tinggal HostGator

Tidak ada komentar: