ali blogger's |
- Ramalan zodiak 16 - 23 Januari 2012
- New Cheat Lost Saga Cheat LS 16 Januari 2012 | Skill No Delay [Update]
- Username and Password ESET NOD32 16 Januari 2012
- Update Avira Terbaru 16 Januari 2012
- Update Offline Kaspersky Anti-Virus 16 Januari 2012
- Valia Rahmah Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan
- Pengumuman PKM 2012 Terbaru
- Cheat Grand Chase Terbaru 2012
- Panduan KTSP Terbaru 2012
- Cara Membuat Menu Horizontal
- Cara Instalasi Windows Seven 7 + Gambar
- Sinopsis 49 Days Full Episode Lengkap
- 7 Arti Warna Pada Bunga Mawar
- Cheat Grand Chase Indonesia
- Curriculum Vitae (CV) Bahasa Inggris | Resume atau Daftar Riwayat Hidup dalam Bahasa Inggris
- About Film Crows Zero 3 rilis 2011 atau 2012
- Download Thunderbird 10.0 Beta 3 | Januari 2012
- Biodata lengkap Cherry Belle Terupdate
- Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 Terbaru SG Brutal Update 16012012
- KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Edisi Terbaru
- Cheat Lost Saga 16 Januari 2012
- Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012
- Spesifikasi Harga Acer Aspire 3820T-382G50 Terbaru
Ramalan zodiak 16 - 23 Januari 2012 Posted: 16 Jan 2012 12:56 AM PST Ramalan zodiak 16 - 23 Januari 2012 - kali ini saya share tentang Ramalan zodiak 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23 Januari 2012 dan berikut penjelasan lengkapnya : Capricorn (22 Desember-20 Januari) Umum: Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja. Hei, segala sesuatu itu ada waktunya. Kalau sudah lelah bekerja, mestinya Anda juga punya waktu untuk istirahat. Anda butuh kerja keras, bahkan sampai lupa waktu, Anda akan kehilangan banyak kesempatan yang indah. Cinta: Jika Anda butuh nasihat bagaimana seharusnya menjalani hubungan yang sehat dan indah. Mintalah nasihat orang, baik teman maupun keluarga yang sudah berpengalaman. Mintalah nasihat pada orang yang punya pengalaman seperti yang Anda alami. Jangan malu! Ingat, mereka sudah melewati tahap pacaran. Aquarius (23 Januari-19 Februari) Umum: Dare to be different! Beranilah untuk berbeda. Sesekali Anda memang perlu tampil lain, berbuat sesuatu yang berbeda dari apapun yang sudah sering Anda lakukan. Jangan betah dengan cara yang lama. Jangan merasa nyaman pada kebiasaan yang sudah ada. Anda perlu membuat gebrakan baru. Dan itu butuh keberanian yang besar. Cinta: Apapun yang akan terjadi, hubungan Anda tetap berjalan baik. Tidak bisa diganggu gugat. Tetap indah dan nyaman. Tapi ingat, hubungan yang berjalan baik tidak sama dengan hubungan tanpa konflik. Hubungan yang berjalan baik itu selalu punya konflik. So, kalau ada persoalan, selesaikan dengan cara yang aman tanpa melukai perasan si dia. Pisces (20 Februari-20 Maret) Umum: Anda tak fokus pekan ini. Anda lamban berpikir. Anda juga lamban menyelesaikan tugas yang sudah diberikan. Yang Anda pikirkan hanyalah bagaimana menikmati waktu saat ini? Bagaimana bisa berjalan lagi bersama orang-orang itu? Bagaimana supaya bisa ada diskusi lagi seperti itu? Itu sah-sah saja. Tapi ingat, segala sesuatu itu ada waktunya. Cinta: Tak terlalu romantis Anda dan pasangan tak sungguh-sungguh berterus terang pada apa yang sedang terjadi. Anda tidak mau jujur, dia juga tidak mau jujur. Tak heran, setiap kali Anda berjalan bersamanya, Anda merasa seolah-olah ada benteng yang menghalangi Anda. Aries (21 Maret-20 April) Umum: Tentukan langkah yang pasti di awal pekan ini. Setelah itu, kosentrasilah pada hal atau persoalan yang lebih besar dan penting. Jangan terjebak pada persoalan remeh karena Anda sebetulnya punya energi dan kemampuan untuk berbuat sesuatu yang lebih besar dan lebih bermakna. Tapi tidak ada salahnya juga bahwa Anda mencoba berpikir dengan cara yang lain daripada biasanya. Cinta: Jangan terlalu terpaku pada ritme yang ada. Jangan berbuat apa yang sudah sering Anda perbuat. Sesekali Anda perlu mencari suasana yang baru. Anda juga butuh waktu untuk merenung atau duduk sendirian, menarik diri dari keramaian dan berkosentrasi pada diri sendiri. Berjalan-jalan sendirian di taman? Atau duduk sendirian di tempat sepi, di bukit, atau di mana pun? Terserah Anda. Yang penting, Anda bisa menikmati waktu sendirian. Taurus (20 April-20 Mei) Umum: Anda ingin segala sesuatu berjalan lancar dan seimbang. Anda ingin segala sesuatu terlihat realistis. Itu ambisi besar Anda pekan ini. Sehingga ketika hal itu tak sesuai dengan harapan Anda, Anda bingung. Tak apa-apa. Itu wajar dan manusiawi. Tapi Anda harus ingat bahwa idealisme masih diperlukan dewasa ini. Tetapi jika kemudian muncul persoalan yang tak lain dan tak bukan adalah pertentangan, tetaplah tenang. Anda akan bisa menentukan sikap. Cinta: Hubungan Anda berdua tidak berjalan baik. Ada ketegangan. Ada konflik. Persoalan yang muncul benar-benar membingungkan. Anda sendiri bahkan merasa aneh, asing, tak biasa. Mengapa? Karena hal itu belum pernah muncul sebelumnya. Anda merasa seolah-olah bukan Anda yang sedang berjalan bersama si dia. Hei, pikir baik-baik sebelum menentukan langkah. Gemini (22 Mei-22 Juni) Umum: Awal pekan terlihat indah. Menyenangkan. Anda begitu menikmati waktu dan kesibukan Anda. Itulah dunia Anda yang sesungguhnya. Tapi hati-hati konflik berdiri persis di samping Anda. Jika konflik muncul, jangan panik. Tanya kenapa? Karena orang lain merasa Anda maju terlalu cepat. Jangan panik dan kemudian bertindak bodoh. Bukankah Anda punya otak yang ecer dan emosi yang terkendali. Kombinasikan keduanya untuk menyelesaikan persoalan Anda. Cinta: Hubungan Anda berjalan menarik dan menyenangkan. Anda berjuang keras untuk mengenal si dia. Asalnya dari mana? Orangnya seperti apa? Apa yang dia inginkan? Itulah rentetan pertanyaan Anda tentang si dia. Anda tak akan menyerah sebelum mendapatkannya. Anda yak ingin melewatkan waktu sedetik pun tanpa si dia. Lucky you! Si dia juga ingin berjalan bersama Anda. Cancer (22 Juni-22 Juli) Umum: Manfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya. Jika Anda merasa perlu menikmati waktu di awal pekan, nikmatilah. Jangan takut! Kesempatan seperti itu tak akan muncul dua kali. Tapi jika muncul persoalan, dan Anda sadar bahwa Anda mengalami kesulitan menentukan pilihan atau membuat keputusan, jangan paksakan diri. Tangguhkan sebentar persoalan itu sampai Anda menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikannya. Cinta: Langit agak cerah. Situasi agak tenang dan terkendali. Tapi Anda bingung. Anda stres. Mau tahu kenapa? Karena Anda sedang berusaha mengambil sebuah keputusan besar. Anda sedang menentukan sikap, apakah tetap berjalan atau mundur. Jika Anda didesak dan ternyata Anda sadar bahwa Anda tak bisa, jangan mengambil keputusan apa pun. Tunggu hingga waktu yang tepat. Leo (23 Juli-21 Agustus) Umum: Waktu yang tepat untuk bersenang-senang adalah awal pekan. Mumpung Anda masih segar dan bersemangat, ajaklah teman atau tetangga Anda untuk hang out sejenak. Dalam perjalanan berikutnya, kosentrasi Anda akan tertuju pada persoalan yang muncul, baik di tempat kerja maupun di lingkungan sosial. Kalau persoalan itu selesai dan Anda ingin lagi menikmati waktu bersama orang-orang yang dekat dengan Anda, nikmatilah. Anda pantas menikmati. Cinta: Anda melihat lagi hubungan yang sedang Anda bangun dengan si dia saat ini. Ternyata tak ada persoalan berat. Tapi Anda tetap saja ingin mencari tahu apa yang sebetulnya sangat diharapkan si dia. Tak heran, Anda selalu ingin berada di sampingnya setiap waktu. Virgo (22 Agustus-23 September) Umum: Anda sudah punya rencana untuk menikmati waktu di awal pekan? Sayang sekali, Anda tak bisa benar-benar menikmati saat-saat itu. Pasalnya, otak Anda lebih tertuju pada pekerjaan dan penelitian. Supaya pekerjaan Anda tidak terganggu, tundalah waktu rekreasi Anda dan fokuskan perhatian Anda pada apa yang sedang Anda lakukan. Cinta: Tunjukkan pada si dia betapa Anda benar-benar menyayanginya. Tunjukan pada si dia betapa Anda tidak main-main dengan perasaan Anda. Caranya? Dengarkan apa yang ia katakan dan perhatikan baik-baik raut wajahnya, intonasi suara, dan kerinduannya. Jika dia meminta Anda menikmati waktu berduaan, jangan bertolak. Dia akan yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat untuknya. Libra (24 September-23 Oktober) Umum: Pekerjaan Anda banyak. Kosentrasi Anda tertuju pada pekerjaan itu. Alasannya, uang dan materi adalah objek pemikiran Anda pekan ini. Anda ingin tahu bagaimana menghasilkan uang yang banyak dan bisa tenang. Selesaikan tugas dan pekerjaan Anda dengan sebaik-baiknya. Jangan anggap remeh relasi yang ada. Kesuksesan Anda sedikit banyak tergantung pada relasi yang Anda bangun. Cinta: Ada perubahan dalam hubungan Anda. Sekalipun tampaknya perubahan itu tak terlalu berarti, perubahan itu tetap saja mengganggu kemesraan Anda berdua. Itu karena yang ada di kepala Anda hanya uang dan materi. Pada saat yang sama, Anda justru diminta tampil mesra pada si dia. Jelas saja Anda agak sulit. Anda bingung. Lalu kemesraan berubah menjadi pertengkaran. Scorpio (24 Oktober-22 November) Umum: Jika banyak hal tampak membingungkan dan nyaris seperti tak ada jalan keluarnya di awal pekan, jangan kaget dan bingung. Yang perlu Anda buat hanyalah meluangkan sedikit waktu untuk melihatnya lebih jelas. Jangan melewatinya begitu saja. Manfaatkan otak Anda yang encer itu. Manfaatkan juga semangat Anda yang besar itu. Cinta: Anda sudah punya si dia? Anda sudah tak sendiri lagi? Kalau ya, nikmatilah waktu itu. Tapi kalau Anda belum menggandeng siapa pun, siapkan hati Anda untuk menyambut kehadiran seseorang. Orang ini ingin sekali Anda perhatikan dan Anda cintai. Menariknya, tak hanya satu tetapi beberapa. Anda bingung mengapa mereka ingin sekali dekat dengan Anda. Sagitarius (23 November-22 Desember) Umum: Anda benar-benar mengagumkan pekan ini. Rahasianya hanya satu. Anda tahu menempatkan diri, tahu memecahkan masalah yang datang dan tahu bahagaimana berhubungan baik dengan orang-orang lain. Yang ada di kepala Anda adalah bagaimana agar Anda adalah agar Anda dan orang lain itu bisa punya satu visi dan misi. Apapun yang Anda miliki, bagikan itu kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkannya. Cinta: Luangkan waktu Anda untuk menikmati waktu luang dengan si dia. Jangan takut bahwa hal itu akan menggangu kosentrasi Anda. Tidak! Itu tidak akan memengaruhi ritme kerja Anda. Jika tak sempat pergi ke luar kota, ajaklah si dia berjalan-jalan ke raman kota, di tempat yang ramai, atau di tempat yang nyaman dan tenang. demikian Ramalan zodiak 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23 Januari 2012 semoga ada manfaatnya rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
New Cheat Lost Saga Cheat LS 16 Januari 2012 | Skill No Delay [Update] Posted: 16 Jan 2012 12:23 AM PST New Cheat Lost Saga Cheat LS 16 Januari 2012 | Skill No Delay [Update] - Kalau Sebelumnya saya share tentang Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 Nah Sekarang giliran New Cheat Lost Saga Cheat LS 16 Januari 2012 | Skill No Delay [Update] dan berikut beberapa Fitur dari Cheat Lost Saga 16 Januari 2012 ini : [-] Skill No Delay Untuk Windows 7---> Klik kanan >> pilih "Run As Administrator" WORK all WINDOWS XP/Vista/Win 7 (32 bit/64bit) Credits : Special Thx to : [-] N3 Cara pakai : 1. Buka LS 2. Buka Cheat 3. Login LS. 4. Saat Om Koboi ( GameGuard ) pilihlah cheat yg ingin anda pakai ! 5. Jgn Lupa Close Cheat nya ! 6. Happy Cheating . NB : Cara Pakai seperti biasa hotkey sudah ada di trainer yang ga tau leacher! Buka Trainer langsung dari winrar karena jika di ekstrak akan DC! New Cheat Lost Saga Cheat LS 16 Januari 2012 | Skill No Delay [Update] Download Cheat Lost Saga 16 Januari rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Username and Password ESET NOD32 16 Januari 2012 Posted: 16 Jan 2012 12:04 AM PST Username and Password ESET NOD32 16 Januari 2012 - Kali ini saya akan coba bagikan buat anda semua khususnya penggunan ESET NOD 32, nah silahkan ambil dan cobakan Username and Password ESET NOD32 16 Januari 2012 di bawah ini : Username : EAV-56104962 Password : 5mp3anm2hb Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-56092012 Password : b7nkt653dp Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-56091994 Password : 6kkh4cv6jn Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-55871273 Password : umrracarhe Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-55787866 Password : bsap5de2r4 Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-55599743 Password : kht4s2cdhf Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-48894407 Password : 36pcuuvnjs Expiry Date : 17/12/2016 Username : EAV-38372759 Password : j24pxsc7jv Expiry Date : 19/11/2012 Username : EAV-56091994 Password : 6kkh4cv6jn Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-55871273 Password : umrracarhe Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-55787866 Password : bsap5de2r4 Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-55599743 Password : kht4s2cdhf Expiry Date: 13/06/2012 Username: EAV-54883696 Password: mr67m6a7ha Expiry Date: 01.01.2012 Username: EAV-54883700 Password: dac6akusad Expiry Date: 01.01.2012 Username : EAV-56104962 Password : 5mp3anm2hb Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-56092012 Password : b7nkt653dp Expiry Date: 13/06/2012 Username : EAV-56091994 Password : 6kkh4cv6jn Expiry Date: 13/06/2012 Sekian Username and Password ESET NOD32 16 Januari 2012 Semoga ada manfaatnya rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Update Avira Terbaru 16 Januari 2012 Posted: 15 Jan 2012 11:56 PM PST Update Avira Terbaru 16 Januari 2012 - kali ini saya share mengenai Download Update Avira Terbaru 16 Januari 2012. Avira adalah antivirus kelas dunia yang memang banyak penggunanya. Untuk melakukan perbaikan terhadap bugs ataupun update database, avira melakukan update setiap hari. Download Free Update Avira Terbaru 16 Januari 2012 ini merupakan update harian yang bisa ada download secara gratis pada link dibawah ini. Perbaikan serta penambahan database virus ini dimaksudkan untuk melakukan pencegahan terhadap virus-virus baru yang semakin merajalela. Update Avira terbaru ini memiliki banyak penambahan database baru yang bisa mencegah serta menangkal datang nya virus-virus baru terhadap komputer anda. Anda bisa Download Free Update Avira Terbaru 16 Januari 2012 di bawah ini Downloadnya cepet ga pake lama hehee: *Avira Update Antivirus Definition Klik disini *Avira Update Antivirus Definition Database Update Klik disini Semoga Download Free Update Avira Terbaru 16 Januari 2012 ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua yang lagi membutuhkanya. Bagi yag belum punya Anti Virus Avira bisa download pada link berikut ini Avira Terbaru 2012). rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Update Offline Kaspersky Anti-Virus 16 Januari 2012 Posted: 15 Jan 2012 11:33 PM PST Update Offline Kaspersky Anti-Virus 16 Januari 2012 - oke sekarang sudah tanggal 16 Januari 2012, eh iyatah? gak tau juga ya, wakawaaa.. tapi kali ini saya akan share tentang Update Offline Kaspersky Anti-Virus 16 Januari 2012 okey langsung saja sedot pada link di bawah ini : Berikut Update Offline Kaspersky Anti-Virus 16 Januari 2012 Download Update Offline Kaspersky Anti-Virus 16 Januari 2012 Mudah-mudahan Update Offline Kaspersky Anti-Virus 16 Januari 2012 bermanfaat bagi sobat semua. rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Valia Rahmah Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Posted: 15 Jan 2012 10:27 PM PST Valia Rahmah Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan - sudah tau kan Artis sekaligus Presenter TV Valia Rahmah akhirnya meninggal dunia setelah tertidur koma selama 3 hari di rumah sakit Kasih ibu Denpasar, penyebab kematian vania adalah kecelakaan sepeda motor di bali. "Innalillahi wa innaillaihi rojiun.. Rip Valia Rahma. Presenter cantik dan pintar dan ramah yg pernah aku temui. Mudah2an amal baikmu diterima oleh Allah SWT," tulis Tiwi 'T2' di akun Twitter-nya, Jumat (13/1/2012). "Seluruh keluarga Hard Rock Radio Bali berduka ats berpulangnya penyiar&tmn terbaik kami @valia_rahma. So long and RIP," tulis akun Twitter resmi Hard Rock FM Bali. Rencananya, jenazah almarhumah akan dibawa ke Jakarta nanti malam untuk dimakamkan besok di TPU Tanah Kusir, Jakarta. Valia Rahma Meninggal Dunia - Valia merupakan artis kelahiran Jakarta, 31 Januari 1985. Dia mulai dikenal sejak menjadi presenter Planet Remaja. Selain itu, dia juga membintangi sinetron dan film. rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Posted: 15 Jan 2012 10:19 PM PST Pengumuman PKM 2012 Terbaru - bagi sobat yang ingin mengetahui Program PKM ( Program Kreativitas Mahasiswa ) akan di danai oleh DIKTI, selamat bagi yang sudah lolos bagi yang belum masih ada tahun depan maka dari itu persiapkan lah dari sekarang agar kelak tahun depan mungkin kalian yang lolos. DOWNLOAD | Pengumuman Disini rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Cheat Grand Chase Terbaru 2012 Posted: 15 Jan 2012 10:16 PM PST Cheat Grand Chase Terbaru 2012 - Apakah anda sudah familiar dengan game Grand Chase Indonesi? Bagi anda yang sudah familiar tentu akan sangat mengenal juga tentang cheat Grand Chase Indonesia ini. Namun bagi anda yang belum begitu kenal betul dengan game yang juga sebenarnya cukup populer dikalangan para gamers di Indonesia ini, maka berikut akan dijelaskan terlebih dahulu secara singkat tentang Game Grand Chase. Selengkapnya Baca di SINI rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Posted: 15 Jan 2012 09:32 PM PST Panduan KTSP Terbaru 2012 PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN 2006 KATA PENGANTAR Buku Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman sekolah/madrasah dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan KTSP terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua berupa Model KTSP. Satuan Pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum. Untuk itu Panduan Umum diterbitkan lebih dahulu agar memungkinkan satuan pendidikan tersebut, dan juga sekolah/madrasah lain yang mempunyai kemampuan, untuk mengembangkan kurikulum mulai tahun ajaran 2006/2007. Bagian kedua Panduan Penyusunan KTSP akan segera menyusul. Waktu penyiapan yang lebih lama disebabkan karena banyaknya ragam satuan pendidikan dan model kurikulum yang perlu dikembangkan. Selain dari pada itu, model kurikulum diperlukan bagi satuan pendidik yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010. BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Depdiknas, serta Depag. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari mereka, Buku Panduan Penyusunan KTSP ini dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Jakarta, Juni 2006 Ketua BSNP Bambang Soehendro 1 DAFTAR ISI Kata Pengantar 1 Daftar Isi 2 I. PENDAHULUAN 3 A. Landasan 4 B. Tujuan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 4 C. Pengertian 5 D. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 5 E. Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 7 II. KOMPONEN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 10 A. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan 10 B. Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 10 C. Kalender Pendidikan 14 III. PENGEMBANGAN SILABUS 15 A. Pengertian Silabus 15 B. Prinsip Pengembangan Silabus 15 C. Unit Waktu Silabus 16 D. Pengembang Silabus 16 E. Langkah-Langkah Pengembangan Silabus 17 F. Contoh Model Silabus 20 G. Pengembangan Silabus Berkelanjutan 22 IV. PELAKSANAAN PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN A. Analisis Konteks 22 B. Mekanisme Penyusunan 22 2 I. PENDAHULUAN Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005. Panduan yang disusun BSNP terdiri atas dua bagian. Pertama, Panduan Umum yang memuat ketentuan umum pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam SI dan SKL.Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU 20/2003 dan ketentuan PP 19/2005 serta prinsip dan langkah yang harus diacu dalam pengembangan KTSP. Kedua, model KTSP sebagai salah satu contoh hasil akhir pengembangan KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada Panduan Umum yang dikembangkan BSNP. Sebagai model KTSP, tentu tidak dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan hendaknya digunakan sebagai referensi. Panduan pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan 3 (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. A. Landasan 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2). 2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Ketentuan di dalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20. 3. Standar Isi SI mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : kerangka dasar dan struktur kurikulum, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006. 4. Standar Kompetensi Lulusan SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 23 Tahun 2006. B. Tujuan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tujuan Panduan Penyusunan KTSP ini untuk menjadi acuan bagi satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, dan SMK/MAK dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan. 4 C. Pengertian Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. D. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah. Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP. KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut: 1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik. 5 2. Beragam dan terpadu Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi. 3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. 4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan. 5. Menyeluruh dan berkesinambungan Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan. 6. Belajar sepanjang hayat Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik agar mampu dan mau belajar yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya. 6 7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). E. Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut. 1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum disusun agar sejauh mungkin semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia. 2. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan potensi diri (afektif, kognitif, psikomotor) berkembang secara optimal. Sejalan dengan itu, kurikulum disusun dengan memperhatikan potensi, tingkat perkembangan, minat, kecerdasan intelektual, emosional dan sosial, spritual, dan kinestetik peserta didik. 3. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan Daerah memiliki potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalaman hidup sehari-hari. Oleh karena itu, kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah. 4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional Dalam era otonomi dan desentralisasi untuk mewujudkan pendidikan yang otonom dan demokratis perlu memperhatikan keragaman dan mendorong partisipasi masyarakat dengan tetap mengedepankan wawasan nasional. Untuk itu, keduanya harus ditampung secara berimbang dan saling mengisi. 7 5. Tuntutan dunia kerja Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Oleh sebab itu, kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja. Hal ini sangat penting terutama bagi satuan pendidikan kejuruan dan peserta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 6. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan di mana IPTEKS sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. Pendidikan harus terus menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan IPTEKS sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Oleh karena itu, kurikulum harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. 7. Agama Kurikulum harus dikembangkan untuk mendukung peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia dengan tetap memelihara toleransi dan kerukunan umat beragama. Oleh karena itu, muatan kurikulum semua mata pelajaran harus ikut mendukung peningkatan iman, taqwa dan akhlak mulia. 8. Dinamika perkembangan global Pendidikan harus menciptakan kemandirian, baik pada individu maupun bangsa, yang sangat penting dalam dinamika perkembangan global dimana pasar bebas sangat berpengaruh pada semua aspek kehidupan semua bangsa. Pergaulan antarbangsa yang semakin dekat memerlukan individu yang mandiri dan mampu bersaing serta mempunyai kemampuan untuk hidup berdampingan dengan suku dan bangsa lain. 9. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan Pendidikan diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan peserta didik yang menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI. Kurikulum harus dapat mendorong berkembangnya wawasan dan sikap kebangsaan serta persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam wilayah NKRI. Muatan kekhasan daerah harus dilakukan secara proporsional. 10. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat Kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang pelestarian keragaman budaya. Penghayatan dan apresiasi pada 8 budaya setempat harus terlebih dahulu ditumbuhkan sebelum mempelajari budaya dari daerah dan bangsa lain. 11. Kesetaraan Jender Kurikulum harus diarahkan kepada terciptanya pendidikan yang berkeadilan dan mendukung upaya kesetaraan jender. 12. Karakteristik satuan pendidikan Kurikulum harus dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas satuan pendidikan. II. KOMPONEN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN A. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan berikut. 1. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 2. Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 3. Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. B. Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Struktur dan muatan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam SI meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut. (1) Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia (2) Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian (3) Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi (4) Kelompok mata pelajaran estetika (5) Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/2005 Pasal 7. Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada 9 satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum. 1. Mata pelajaran Mata pelajaran beserta alokasi waktu untuk masing-masing tingkat satuan pendidikan berpedoman pada struktur kurikulum yang tercantum dalam SI. 2. Muatan Lokal Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester. Ini berarti bahwa dalam satu tahun satuan pendidikan dapat menyelenggarakan dua mata pelajaran muatan lokal. 3. Kegiatan Pengembangan Diri Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan keparamukaan, kepemimpinan, dan kelompok ilmiah remaja. Khusus untuk sekolah menengah kejuruan pengembangan diri terutama ditujukan untuk pengembangan kreativitas dan bimbingan karier. Pengembangan diri untuk satuan pendidikan khusus menekankan pada peningkatan kecakapan hidup dan kemandirian sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran. Penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan secara kualitatif, tidak kuantitatif seperti pada mata pelajaran. 10 4. Pengaturan Beban Belajar a. Beban belajar dalam sistem paket digunakan oleh tingkat satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB baik kategori standar maupun mandiri, SMA/MA/SMALB /SMK/MAK kategori standar. Beban belajar dalam sistem kredit semester (SKS) dapat digunakan oleh SMP/MTs/SMPLB kategori mandiri, dan oleh SMA/MA/SMALB/SMK/MAK kategori standar. Beban belajar dalam sistem kredit semester (SKS) digunakan oleh SMA/MA/SMALB/SMK/MAK kategori mandiri. b. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan. Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, di samping dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain yang dianggap penting dan tidak terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi. c. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket untuk SD/MI/SDLB 0% - 40%, SMP/MTs/SMPLB 0% - 50% dan SMA/MA/SMALB/SMK/MAK 0% - 60% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi. d. Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka. e. Alokasi waktu untuk tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK yang menggunakan sistem SKS mengikuti aturan sebagai berikut. (1) Satu SKS pada SMP/MTs terdiri atas: 40 menit tatap muka, 20 menit kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. (2) Satu SKS pada SMA/MA/SMK/MAK terdiri atas: 45 menit tatap muka, 25 menit kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. 11 5. Ketuntasan Belajar Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Satuan pendidikan harus menentukan kriteria ketuntasan minimal dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal. Pelaporan hasil belajar (raport) peserta didik diserahkan pada satuan pendidikan dengan memperhatikan rambu-rambu yang disusun oleh direktorat teknis terkait. 6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis terkait. Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah: a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran; b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan; c. lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan d. lulus Ujian Nasional. Ketentuan mengenai penilaian akhir dan ujian sekolah/madrasah diatur lebih lanjut dengan peraturan Menteri berdasarkan usulan BSNP. 7. Penjurusan Penjurusan dilakukan pada kelas XI dan XII di SMA/MA. Kriteria penjurusan diatur oleh direktorat teknis terkait. Penjurusan pada SMK/MAK didasarkan pada spektrum pendidikan kejuruan yang diatur oleh direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 12 8. Pendidikan Kecakapan Hidup a Kurikulum untuk SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/ SMALB, SMK/MAK dapat memasukkan pendidikan kecakapan hidup, yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan/atau kecakapan vokasional. b Pendidikan kecakapan hidup dapat merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran dan/atau berupa paket/modul yang direncanakan secara khusus. c Pendidikan kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan dan/atau dari satuan pendidikan formal lain dan/atau nonformal. 9. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global a Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik. b Kurikulum untuk semua tingkat satuan pendidikan dapat memasukkan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. c Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dapat merupakan bagian dari semua mata pelajaran dan juga dapat menjadi mata pelajaran muatan lokal. d Pendidikan berbasis keunggulan lokal dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan formal lain dan/atau satuan pendidikan nonformal. C. Kalender Pendidikan Satuan pendidikan dasar dan menengah dapat menyusun kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana yang dimuat dalam Standar Isi. 13 III. PENGEMBANGAN SILABUS A. Pengertian Silabus Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. B. Prinsip Pengembangan Silabus 1. Ilmiah Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. 2. Relevan Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik. 3. Sistematis Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi. 4. Konsisten Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian. 5. Memadai Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar. 6. Aktual dan Kontekstual Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi. 7. Fleksibel Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat. 14 8. Menyeluruh Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor). C. Unit Waktu Silabus 1. Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. 2. Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok. 3. Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Bagi SMK/MAK menggunakan penggalan silabus berdasarkan satuan kompetensi. D. Pengembang Silabus Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendikan. 1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik peserta didik, kondisi sekolah/madrasah dan lingkungannya. 2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah/madrasah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah/madrasah tersebut. 3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait. 4. Sekolah/Madrasah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah/madrasah-madrasah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah/madrasah-madrasah dalam lingkup MGMP/PKG setempat. 15 5. Dinas Pendidikan/Departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing. E. Langkah-langkah Pengembangan Silabus 1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut: a. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI; b. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran; c. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran. 2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan: a. potensi peserta didik; b. relevansi dengan karakteristik daerah, c. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik; d. kebermanfaatan bagi peserta didik; e. struktur keilmuan; f. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran; g. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan h. alokasi waktu. 3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan 16 berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut. a. Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional. b. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar. c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran. d Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi. 4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. 5. Penentuan Jenis Penilaian Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian. a. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi. b. Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya. c. Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, 17 kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik. d. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan. e. Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan. 6. Menentukan Alokasi Waktu Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam. 7. Menentukan Sumber Belajar Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. F. Contoh Model Silabus Dalam menyusun silabus dapat menggunakan salah satu format yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan. Pada dasarnya ada dua jenis, yaitu jenis kolom (format 1) dan jenis uraian (format 2). Dalam menyusun format urutan KD, urutan penempatan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator dan seterusnya dapat ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan, sejauh tidak mengurangi komponen-komponen dalam silabus. 18 Format 1 CONTOH SILABUS Nama Sekolah : SD ... Kediri, Jawa Timur Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas/semester : IV/2 Standar Kompetensi : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi Kompetensi Dasar : 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya Alokasi Waktu : 12 x 35 Menit Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi • Mengenal berbagai teknologi produksi yang digunakan di daerah setempat: bahan makanan, peralatan dan lain-lain. • Mencari informasi cara memproduksi "tahu" Kediri pada masyarakat masa lalu dan masa kini • Membuat dan membaca diagram/grafik tentang proses memproduksi "tahu" Kediri dari kekayaan alam yang tersedia • Mengenal bahan baku yang dapat diolah menjadi beberapa jenis "tahu" Kediri • Mengenal jenis-jenis teknologi untuk produksi yang digunakan oleh masyarakat pada masa lalu dan masa sekarang. • Membuat diagram alur tentang proses produksi dari kekayaan alam yang tersedia • Mengenal bahan baku untuk produksi barang Tes tertulis: Uraian tetang Perkembangan teknologi produksi 3 x 35 menit • Gambar alat produksi "tahu" •Pabrik tahu •Buku IPS kelas IV semester 2 • Majalah/ koran/media elektronik • Melakukan pengamatan alat-alat teknologi komunikasi yang digunakan masyarakat Kediri pada masa lalu dan • Mengenal alat-alat teknologi komunikasi yang digunakan masyarakat pada masa lalu dan masa kini. Non tes: Lembar pengamatan 3 x 35 menit •Gambar-gambar alat komunikasi •Buku IPS kelas IV semester 2 • Majalah/ 19 Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar masa kini • Memberikan contoh/mende- monstrasikan cara-cara penggunaan alat teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa kini • Menunjukkan cara penggunaan alat teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang. koran/media elektronik • Memberikan contoh jenis-jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa kini • Melakukan pengamatan jenis-jenis teknologi transportasi di Kediri pada masa lalu dan masa kini • Mendiskusikan perbedaan jenis-jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa kini • Mengenal jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang. Tes tertulis: Bentuk uraian tentang teknologi transportasi 5 x 35 menit •Gambar-gambar alat transportasi •Buku IPS kelas IV semester 2 • Majalah/ koran/media elektronik •Lingkungan sekitar • Bercerita tentang pengalaman mengguna kan teknologi transportasi • Menceritakan pengalaman menggunakan teknologi transportasi Catatan: Pengambilan contoh "tahu" merupakan karakteristik daerah Kediri yang dapat dimuat ke dalam kegiatan pembelajaran. Sekolah/madrasah pada daerah lain harus menyesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing. 20 Format 2 CONTOH SILABUS Nama Sekolah : SMP ... Padang, Sumatera Barat Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Kelas/Semester : VII/1 I. Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma- norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. II. Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat III. Materi Pokok/Pembelajaran: Sikap positif terhadap norma-norma, kebiasaan,adat istiadat, peraturan yang berlaku di masyarakat IV. Kegiatan Pembelajaran: • Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau • Mencari informasi dari berbagai sumber tentang kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau • Mencari informasi dari berbagai sumber tentang adat-istiadat yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau • Mencari informasi dari berbagai sumber tentang peraturan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau • Mendiskusikan perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Minang Kabau • Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat Minang Kabau • Membuat laporan V. Indikator : • Menjelaskan pengertian norma-norma dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat • Menjelaskan pengertian kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat • Memberi contoh norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat • Menunjukkan sikap mematuhi norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat VI. Penilaian: - Tes tertulis dalam bentuk uraian - Perilaku siswa dalam bentuk laporan VII. Alokasi Waktu: 4 x 40 menit VIII. Sumber Belajar: - Buku Teks PKn Kelas VII - Perpustakaan - Narasumber 21 G. Pengembangan Silabus Berkelanjutan Dalam implementasinya, silabus dijabarkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, dilaksanakan, dievaluasi, dan ditindaklanjuti oleh masing-masing guru. Silabus harus dikaji dan dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperhatikan masukan hasil evaluasi hasil belajar, evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran),dan evaluasi rencana pembelajaran. IV. PELAKSANAAN PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN A. Analisis Konteks 1. Mengidentifikasi SI dan SKL sebagai acuan dalam penyusunan KTSP. 2. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program. 3. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar: komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya. B. Mekanisme Penyusunan 1. Tim Penyusun Tim penyusun KTSP pada SD, SMP, SMA dan SMK terdiri atas guru, konselor, dan kepala sekolah sebagai ketua merangkap anggota. Di dalam kegiatan tim penyusun melibatkan komite sekolah, dan nara sumber, serta pihak lain yang terkait. di Supervisi dilakukan oleh dinas yang bertanggung jawab di bidang pendidikan tingkat kabupaten/kota untuk SD dan SMP dan tingkat provinsi untuk SMA dan SMK. Tim penyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan MI, MTs, MA dan MAK terdiri atas guru, konselor, dan kepala madrasah sebagai ketua merangkap anggota. Di dalam kegiatan tim penyusun melibatkan komite sekolah, dan nara sumber, serta pihak lain yang terkait. Supervisi dilakukan oleh departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama. Tim penyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan khusus (SDLB,SMPLB, dan SMALB) terdiri atas guru, konselor, kepala sekolah sebagai ketua merangkap anggota. Di dalam kegiatan tim penyusun melibatkan komite sekolah, dan nara sumber, serta pihak lain yang terkait. Supervisi dilakukan oleh dinas provinsi yang bertanggung jawab di bidang pendidikan. 22 2. Kegiatan Penyusunan KTSP merupakan bagian dari kegiatan perencanaan sekolah/madrasah. Kegiatan ini dapat berbentuk rapat kerja dan/atau lokakarya sekolah/madrasah dan/atau kelompok sekolah/madrasah yang diselenggarakan dalam jangka waktu sebelum tahun pelajaran baru. Tahap kegiatan penyusunan KTSP secara garis besar meliputi: penyiapan dan penyusunan draf, reviu dan revisi, serta finalisasi, pemantapan dan penilaian. Langkah yang lebih rinci dari masing-masing kegiatan diatur dan diselenggarakan oleh tim penyusun. 3. Pemberlakuan Dokumen KTSP pada SD, SMP, SMA, dan SMK dinyatakan berlaku oleh kepala sekolah setelah mendapat pertimbangan dari komite sekolah dan diketahui oleh dinas tingkat kabupaten/kota yang bertanggung jawab di bidang pendidikan untuk SD dan SMP, dan tingkat propinsi untuk SMA dan SMK Dokumen KTSP pada MI, MTs, MA, dan MAK dinyatakan berlaku oleh kepala madrasah setelah mendapat pertimbangan dari komite madrasah dan diketahui oleh departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama. Dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan SDLB, SMPLB, dan SMALB dinyatakan berlaku oleh kepala sekolah serta mendapat pertimbangan dari komite sekolah dan diketahui dinas provinsi yang bertanggung jawab di bidang pendidikan. 23 | |||||||||||||||||||||||||||
Posted: 15 Jan 2012 09:28 PM PST Cara Membuat Menu Horizontal | Menu horizontal merupakan kumpulan beberapa link yang diletakkan secara horizontal dan biasanya ditempatkan di bawah header. Pada kesempatan ini, kita akan mengulas trik blogger tentang Cara Membuat Menu Horizontal sederhana. Mengapa dikatakan sederhana? Karena jika kita optimasi lebih mendalam, ternyata terdapat beberapa varian dari menu horizontal tersebut. Fungsi dari trik blogger ini adalah sebagai salah satu navigasi dalam blog agar memberikan layanan kemudahan shortcut link bagi pengunjung blog kamu. Singkat kata, berikut langkah membuat menu horizontal dalam blog kamu :
/* navbarCatatan :
<div id='header-wrapper'>
<div id='bg_nav'>
| |||||||||||||||||||||||||||
Cara Instalasi Windows Seven 7 + Gambar Posted: 15 Jan 2012 09:27 PM PST Cara Instalasi Windows Seven 7 + Gambar - Proses instalasi windows 7 sangat berbeda dengan proses instalasi windows xp yang kebanyakan digunakan. Kali ini kita akan membahas langkah-langkah cara menginstall windows seven 7. Langkah-langkah menginstall windows seven 7 1. Siapkan DVD instalasi Windows Seven (7) dan catat serial numbernya atau cari aja di gogle 2. Atur agar komputer booting dari dvd, pengaturan dilakukan lewat bios, bisanya tekan delete atau f2 ketika komputer baru dinyalakan pilih setingan booting kemudian pilih dvd rom menjadi urutan pertama. simpan konfigurasi bios dengan cara menekan f10. 3. Masukkan DVD Instalasi 4. Tekan tombol mana saja jika muncul tulisan boot from cd or dvd 5. Muncul tampilan seperti dibawah 6. Selanjutnya muncul tampilan seperti di bawah, klik next 7. klik Install Now 8. Beri tanda cek dann klik next 9. Karena kita sedang melakukan clean install maka pilih yang Custom (advanced) 10. Pilih partisi yang akan dipakai untuk menginstal windows seven (7), contoh di bawah hardisk belum di bagi2 kedalam beberapa partisi, jika ingin membagi kedalam beberapa partisi sebelum proses instalasi pilih Drive options (advanced) disitu kita bisa membuat, menghapus dan meresize partisi. tapi dari pada bingun untuk yang pertama kali instalasi windows mending langsung pilih next saja, toh pembagian partisi bisa dilakukan setelah proses instalasi selesai. 11. Proses instalasi dimulai….. proses instalasi ini memakan waktu yang cukup lama.. 12. Setelah proses di atas selese komputer akan otomatis restart sendiri. kumudian muncul seperti dibawah 13. Ketikkan nama user dan nama computer anda 14. Kemudian isikan password untuk keamanan komputer anda. Jika tidak isi komputer anda tidak ada passwordnya. 15. Masukkan Windows Product key yang sudah dicatat di awal tadi, jika tidak ada anda mendapat masa trial windows 7 selama 30 hari 16. Selanjutnya setingan apakah windows akan otomatis meng update atau tidak 17. Kemudian setingan time zone 18. selesai.. Sekian dulu cara menginstall windows seven 7 plus gambar. Selamat mencoba…. rating 4.5 | |||||||||||||||||||||||||||
Sinopsis 49 Days Full Episode Lengkap Posted: 15 Jan 2012 09:03 PM PST Sinopsis 49 Days Full Episode Lengkap - Judul ini sudah Pernah saya posting sebelumnya, jadi sedikit meluruskan dari judul yang dulu tentang Sinopsis 49 Days Full Episode Lengkap, dan untuk selengkapnya mengenai Sinopsis 49 Days Full Episode Lengkap silahkan sobat klik pada link bawah ini Sinopsis 49 Days Full Episode Lengkap rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Posted: 15 Jan 2012 08:38 PM PST 7 Arti Warna Pada Bunga Mawar - Ali Bloggers, kali ini saya akan menguraikan tentang 7 Arti Warna Pada Bunga Mawar, Mengirimkan bunga mawar pada saat valentine day, ataupun acara-acara keluarga lainnya selalu menjadi sebuah ide yang bagus dan tentunya bakal membuat sang penerima yang mungkin notabene adalah kekasih hati kita merasa tersanjung dan berbunga-bunga. Tapi…. hati-hati jangan sampai anda mengirimkan bunga mawar dengan warna yang salah, yang bisa-bisa membuat sang penerimanya salah mengerti alias miss understanding. Yang tadinya mau menembak si dia, eh… anda malah disangka ingin sekedar temenan saja, hanya karena anda mengirimkan bunga mawar dengan warna yang salah. Biar tidak salah pillih warna ketika akan memberikan setangkai bunga mawar, ada baiknya simak dulu berbagai warna bunga mawar berikut makna dibalik warna-warna tersebut. Yups… tak diragukan mawar merah adalah bunga mawar yang paling umum untuk menyatakan perasaan cinta anda. Merah melambangkan cinta, keindahan, rasa hormat, romantisme dan bahkan sebagai pujian. Pada dasarnya warna merah itu artinya berani. Tapi kalau diartikan sebagai warna bunga, warna merah tuh melambangkan rasa cinta dan sayang. Dan rasa cinta itu cenderung terkait dengan hubungan laki-laki dan perempuan. Warna bunga merah juga bisa diartikan sebagai cinta dengan rasa 'respect' yang tinggi. Berikut 7 Arti Warna Pada Bunga Mawar, yaitu : 1. Mawar Merah Saat Valentine day orang berbondong-bondong mengirimkan mawah merah, kenapa anda tidak tampil beda. Berikanlah Mawar Putih pada kekasih hati anda. Putih sebagai lambang cinta sejati, kesucian, kemurnian hati dan keagungan, akan lebih meyakinkan pada sang kekasih bahwa anda begitu mencintai dan menyayanginya. Mawar putih juga cocok diberikan untuk sahabat, karena putih mencerminkan persahabatn sejati. 2. Mawar Putih Kalau mawar yang ini sangat cocok diberikan kepada teman atau keluarga sebagai penghargaan kepada mereka. Pink melambangkan kebahagiaan, penghormatan, kelembutan dan tentunya pujian. Warna ini paling tepat untuk mengungkapkan perasaan suka pada seseorang. So kalau mau menyampaikan perasaan suka sama seseorang, warna pink adalah warna yang paling cocok. Warna pink juga bisa diartikan terima kasih dan rasa syukur yang mendalam. Selain itu Kalau warnanya lebih muda dapat diartikan sebagai ungkapan rasa kagum, sedangkan warna yang merah mudanya lebih tua dapat diartikan sebagai ungkapan terimakasih si pemberi terhadap si penerima. 3. Mawar Pink (Merah Muda) Sangat cocok diberikan pada teman atau keluarga setelah terjadinya konflik atau pertengkaran. Mawar kuning melambangkan persahabatan, kekeluargaan, keceriaan dan kegembiraan. Tapi tidak sedikit orang yang mempersepsikan bunga kuning sebagai ungkapan benci dan cemburu. So be careful… Warna kuning juga diartikan fleksibilitas dan kebebasan. 4. Mawar Kuning Kalau yang ini, sangat cocok diberikan bila anda sedang jatuh cinta pada teman sendiri. Karena selalu bersama-sama, belajar bersama, jalan-jalan bersama, liburan bersama, makan bakso bersama, sampai curhat-curhatan tak disangka akhirnya timbul rasa sayang dan cinta di hati untuk teman anda itu. Tunjukkan perasaan cinta pada teman anda tersebut dengan rangkaian mawar kuning berstrip merah. Yang terpenting, asal jangan anda jatuh cinta pada teman yang sesama jenis! 5. Mawar Kuning Dengan Strips Merah Rasa benci itu manusiawi… Cara mengungkapkannya pun berbeda-beda, ada yang diungkapkan langsung, ada juga yang hanya dipendem sendiri. Nah, daripada capek hati, rasa benci itu juga bisa diungkapkan dengan mengirim bunga warna hitam. 6. Mawar Hitam Memang tidak ada mawar hitam, mawar hijau, maupun mawar biru. Karena warna dasar mawar adalah putih dan merah. Melalui teknik rekayasa genetik (Suntory and Florigene) dua negara, ternyata warna-warna aneh itu bisa hadir. Jepang diwakili oleh Suntory Limited dan Australia dari Florigene Pty. Ltd bekerja sama menciptakan Mawar Biru. "Mawar biru secara tradisional diciptakan dengan mematikan mawar putih dan menahan pigmen delphinidin, sehingga hanya ada pigmen utama penghasil warna biru saja," Mawar biru mempresentasikan perasaan yang tidak mudah dikatakan. Biru dalam fisik mawar juga diartikan sebagai imaginasi, misteri, tak dapat disentuh atau ketidakmungkinan. Lainnya, mawar biru sangat pas untuk Anda yang benar-benar mencintai begitu dalam pasangan Anda. Karena biru menggambarkan kebekuan, karena biru adalah sesuatu yang benar-benar dalam. "Mawar Biru melambangkan kesungguhan atas perasaan karena direkayasa genetik dengan semua warna mawar yang menjadikan mawar biru memiliki kelebihan dari semua mawar (merah, kuning, putih, hitam) 7. Mawar Hijau Hijau adalah warna harmoni, dari kesejahteraan, kesuburan. ini juga indikasi warna perdamaian dan ketenangan. dengan nuansa hijau dapat melambangkan "semoga kehidupan baru yang sejahtera atau keinginan untuk pemulihan kesehatan yang baik. semoga 7 Arti Warna Pada Bunga Mawar bermanfaat untuk anda semua rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Posted: 15 Jan 2012 08:16 PM PST Cheat Grand Chase Indonesia - kali ini saya share tentag Cheat Grand Chase Indonesia, Apakah anda sudah familiar dengan game Grand Chase Indonesi? Bagi anda yang sudah familiar tentu akan sangat mengenal juga tentang cheat Grand Chase Indonesia ini. Namun bagi anda yang belum begitu kenal betul dengan game yang juga sebenarnya cukup populer dikalangan para gamers di Indonesia ini, maka berikut akan dijelaskan terlebih dahulu secara singkat tentang Game Grand Chase. Grand Chase adalah game online side-scroll action fighting pertama di dunia, kini hadir di Indonesia! Dengan tampilan animasi yang keren, karakter yang imut, serta rangkaian aksi yang memanjakan mata, Grand Chase tentunya dapat dinikmati oleh semua pecinta game online di Indonesia. Grand Chase juga dilengkapi dengan fitur unik, seperti sistem PET yang bisa berevolusi, sistem COUPLE, ratusan MISSION yang seru dan menantang, sistem JOB-CHANGE yang menarik serta berbagai mode PVP yang dahsyat! Ajak teman-teman, saudara atau bahkan pacarmu untuk bertualang bersama di dunia Grand Chase. Kunjungi website Grand Chase di http://grandchase.megaxus.com Nah.. bagi teman-teman yang ingin mencoba download cheat Grand Chase Indonesia, maka secara lengkap bisa kamu temukan melalui link berikut disini. Semoga kehadiran tulisan ini dapat membawa manfaat kepada kamu semua, khususnya bagi yang ingin mengetahui sekilas tentang games Grand Chase ataupun para pencari Cheat Grand Chase Indonesia. rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Curriculum Vitae (CV) Bahasa Inggris | Resume atau Daftar Riwayat Hidup dalam Bahasa Inggris Posted: 15 Jan 2012 07:13 PM PST Curriculum Vitae (CV) Bahasa Inggris | Resume atau Daftar Riwayat Hidup dalam Bahasa Inggris -Kali ini saya sajikan Curriculum Vitae (CV) Bahasa Inggris | Resume atau Daftar Riwayat Hidup dalam Bahasa Inggris untuk anda semua, Curriculum Vitae Personal Details
Educational Background
Course & Education
Qualifications
Working Experience
Cibinong, January 16, 2012 | |||||||||||||||||||||||||||
About Film Crows Zero 3 rilis 2011 atau 2012 Posted: 15 Jan 2012 06:59 PM PST About Film Crows Zero 3 rilis 2011 atau 2012 - Setelah sukses dengan crows zero 1 dan crows zero 2, rencananya akan rilis crows zero 3. Hanya saja sebenarnya hingga saat ini belum ada yang benar-benar mengetahui seperti apa cerita Crows Zero 3. Apakah takiya genji, serizawa, rindaman, dkk akan kembali beraksi di crows zero 3. Crows Zero adalah film yang diadaptasi dari komik berjudul Crows, karya Takashi Hiroshi. Bagi yang lihat filmnya dulu baru komiknya pasti akan kebingungan (kayak saya), karena ada banyak perbedaan disana. Terlebih lagi bagi para penggemar Genji Takiya yang mesti confius kok sang jagoan malah gag nongol di komik (kan katanya ceritanya dari komik), begitu juga si Serizawa dkk. Cuman versi komiknya tetap menampilkan SMA Suzuran beserta Si Monster Rindaman. Genji vs Rindaman Begini…begini penjelasannya….. Film Crows Zero 1 ama 2 ternyata mengambil setting satu tahun sebelum yang ada di dalam versi komik. Menurut versi komik, Rindaman sudah ada di kelas 3, sedangkan pada filmnya masih duduk di kelas dua. Sehingga wajar kalo di komik ga ditemuin Genji maupun Serizawa. Bisa dibilang film Crows Zero merupakan suatu adaptasi yang tidak sepenuhnya translate dari komik. Tapi juga gag bisa dibilang menyimpang jauh dari komik. Bagi yang belum tahu, versi komik Crows Zero ini ada dua, Crows sama Worst. Konon kabarnya Genji sempet muncul di seri Worst, yang menurut alur itungannya satu tahun sehabis Crows, berarti dua tahun Genji lulus (juga belum selesai saya baca nya..hehe) Kayak apa Crow Zero 3 ??? Dua seri film Crows Zero mendapat sambutan yang luar biasa dari penggemarnya di seluruh dunia. Sehingga banyak permintaan untuk dibuatkan trilogynya. Memang sampai sejauh ini belum ada kabar seperti apa Crowz Zero 3 namun mengingat film ini merupakan adaptasi dari komik sehingga para penggemar bisa mengira-ira kayak apa seri yang ketiga.. Berhubung Crows Zero itu filmnya anak-anak SMA Suzuran jadi kagak mungkin menceritakan Genji (yang udah alumni), di akhir film saat ngelawan Rindaman dia juga penah bilang kalo gag akan balik lagi ke Suzuran. Menurut perkiraan, Crows Zero 3 akan dikembalikan ke dalam versi asli komik. Dan bakalan menceritakan sepak terjang Rindaman, serta kelanjutan perseturuan antara Suzuran and Housen yang besok bakalan dipimpin Tatsuya Bitou, akan ada tokoh baru pindahan seperti Genji dulu yang bernama Harumichi Bouya. Harumichi Bouya Kalo di komik, Bouya ini menjadi tokoh utama, disamping Rindaman juga. Versi komiknya banyak menampilkan adegan komedi, Bouya sendiri nampak-nampaknya memiliki kesamaan dengan tokoh slam dunk Hanamichi Sakuragi. Bouya juga memiliki kekuatan yang hebat, sanggup mengimbangi Rindaman. Nah andaikan benar seri ketiga muncul kemungkinan akan menceritakan Bouya. Dari sinilah kemudian ada pendapat kalo Crows Zero 3 lebih lebih banyak bercanda dan tingkah laku konyol tokohnya. Hmm… bisa iya bisa juga enggak, mengingat sutradara Takashi Miike dalam dua film awal menampilkan suasana yang gothic, yang kedua bahkan dikit banget bercandanya. Berikut merupakan tokoh-tokoh yang kira-kira bakalan muncul di Crows Zero 3 : 1. Rindaman 2. Harumichi Bouya 3. Bitou Tatsuya , The Next Housen Leader ? Bitou Tatsuya Ketiga tokoh di atas memiliki kemungkinan besar untuk muncul di Crows Zero 3, tapi memang belum bisa diketahui seri ketiga bakalan seperti apa. Apakah ingin memfokuskan "konflik internal" yang ada di Suzuran antara Rindaman melawan Bouya, atau malahan mau langsung nampilin anak-anak Housen yang ingin membalaskan dendam kekalahan sekaligus kematian pemimpin mereka dahulu. Kemungkinan (lagi) SMA Suzuran saat seri 3 ntar gag akan sekumuh yang kemaren-kemarin. Soalnya pada seri kedua kan udah dibakar sama si Washio… Yang jelas jika benar ingin dikembalikan seperti seri komik, akan ada tantangan baru untuk menggantikan keberhasilan karakter utama sebelumnya Shun Oguri yang keren abiz saat memerankan Genji Takiya. Info Terbaru Crows Zero 3 ! Berdasarkan info yang saya peroleh dari salah satu fan page crows zero, disebutkan : There will be a Crows Zero 3, Crows Zero is a trilogy Artinya Crows Zero 3 sudah pasti akan dibuat. Jadi untuk para penggemar tidak perlu khawatir, akan kelanjutan kisah SMA Suzuran. Namun… The film scheduled for late 2011 were denied, it seems that Takashi Miike (director) favors the shooting of two other films in place of that of CR3. Jadi saudara-saudara, Crows Zero yang sangat dinantikan tersebut tidak akan keluar dalam waktu dekat ini, ada kemungkinan baru muncul pada tahun depan 2012 .. yaaaah Berita ini nampaknya menepis anggapan bahwa Crows Zero 3 saat ini sedang diproduksi… Bagi yang pengen lihat kelanjutan kisah Sma Suzuran bisa kok lihat di komiknya, dengan judul Crows. Jadi pertanyaan Film Crows Zero 3 rilis 2011 atau 2012 kita tunggu sama-sama. Ga cuma kalian, krisna juga pengen nonton + download crows zero 3 secepatnya … rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Download Thunderbird 10.0 Beta 3 | Januari 2012 Posted: 15 Jan 2012 09:22 PM PST Download Thunderbird 10.0 Beta 3 | Januari 2012 - Thunderbird is a great email client from the same people who brought you the Firefox browser. Thunderbird gives you IMAP/POP support, a built-in RSS reader, support for HTML mail, powerful quick search, saved search folders, advanced message filtering, message grouping, labels, return receipts, smart address book LDAP address completion, import tools, and the ability to manage multiple e-mail and newsgroup accounts. Tabbed email An Archive feature similar to the one in GMail Lightning fast search Smart folders Download rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Biodata lengkap Cherry Belle Terupdate Posted: 15 Jan 2012 12:15 PM PST Biodata lengkap Cherry Belle Terupdate - Biodata Cherry Belle. Biodata Cherry Belle lengkap dengan foto profil dari masing personil Cherry Belle. Girl Band Indonesia ( Cherry Belle ) ini memang tergolong pendatang baru di dunia musik, namun Cherry Belle mampu menyaingi band papan atas yang sudah di kenal lama di dunia musik. Lagu Cherry Belle yang berjudul " Dilema " sudah membawa Cherry Belle menjadi girl band faforit di kalangan remaja. Selain ingin mengulas tentang biodata Cherry Belle, Saya juga ingin berbagi Video lagu Cherry Belle Dilema. Nah kalau link yang ini adalah Lirik lagu Cherry belle. Biodata Cherry Belle
Dari Biodata lengkap Cherry Belle di atas kita bisa melihat memang personil Cherry Belle tidak di ragukan lagi dalam kecantikan. Sekarang anda harus tahu bagaimana penampilan cherry belle dan suaranya lewat video lagu Cherry Belle Dilema di bawah ini. Video lagu Cherry Belle Dilema rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 Terbaru SG Brutal Update 16012012 Posted: 15 Jan 2012 11:07 AM PST Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 Terbaru SG Brutal Update 16012012 - INi masih seputar cheat PB 16 Januari 2012 gan, cuma dalam versi dan judul yang berbeda tapi dengan arah dan tujuan yang sama, silahkan simak dan download Cheat PB 16 Januari di bawah ini. Credit : [*] Boys7 Spesial Thanks To : [*] Vgm Rizky [*] ALL Member N3 Feature : SG Brutal : Auto On Tutor : * Buka PBLauncher * Buka injector * Masukan Dll'nya * Start PB'a * Cukup Tekan Enter Bila Ada Notice / dan jangan lupa noticenya di baca..! * Happy Cheating NB : [*]Jangan Sering Nembak Sambil Lari Karena Dapat Menyebabkan Program ilegal.. [*]Gunakanlah deep freeze demi kenyamanan komputer anda... [*]Matikan anti virus sebelum di gunakan.. karena Cheat di proteksi dengan.. enigma Protector DOWNLOAD rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Edisi Terbaru Posted: 15 Jan 2012 11:04 AM PST KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Edisi Terbaru - Nemu lagi info bagus nih gan, di blog unyu, setelah update tentang Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 SG Brutal Update 16012012 dan juga Cheat Lost Saga 16 Januari 2012 Skill No Delay + Peso + 1 Hit Crussade. nah kali ini tentang Free Download KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Edisi Terbaru Kamus ini saya share buat anda-anda yang ingin belajar Bahasa Indonesia . misalkan dari pindahan dari Luar Negeri ke indonesia tapi kurang lancar Bahasa Indonesia agan-agan bisa download disini supaya lancar bahasa indonesia nya File ini hanya 9 MB. kecill.. Download KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Edisi Terbaru Sebelumnya mungkin anda Tertarik Artikel saya di bawah ini : 1. ZODIAK REMAJA TAHUN 2012 2. RAMALAN BINTANG ZODIAK TAHUN 2012 LENGKAP Oke lanjut, kamus ini bisa bermanfaat buat agan-agan yang pindahan ke indonesia dan kerja di indonesia, atau pengen belajar bahasa indonesia supaya lebih luas pengetahuan bahasa indonesia, bagaimana bahasa indonesia yang baik dan yang buruk. anda bisa mengetahui nya di KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Edisi Baru . bagi anda beminat mendownload nya ada di bawah ini tapi [Dilarang Keras Merubah Hak Cipta] Download KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Edisi Terbaru rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Cheat Lost Saga 16 Januari 2012 Posted: 16 Jan 2012 12:23 AM PST Cheat Lost Saga 16 Januari 2012 - Kalau Sebelumnya saya share tentang Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 Nah Sekarang giliran Cheat Lost Saga 16 Januari 2012 Skill No Delay + Peso + 1 Hit Crussade dan berikut beberapa Fitur dari Cheat Lost Saga 16 Januari 2012 ini : [-] Skill No Delay Untuk Windows 7---> Klik kanan >> pilih "Run As Administrator" WORK all WINDOWS XP/Vista/Win 7 (32 bit/64bit) Credits : Special Thx to : [-] N3 Cara pakai : 1. Buka LS 2. Buka Cheat 3. Login LS. 4. Saat Om Koboi ( GameGuard ) pilihlah cheat yg ingin anda pakai ! 5. Jgn Lupa Close Cheat nya ! 6. Happy Cheating . NB : Cara Pakai seperti biasa hotkey sudah ada di trainer yang ga tau leacher! Buka Trainer langsung dari winrar karena jika di ekstrak akan DC! Download Cheat Lost Saga 16 Januari rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 Posted: 15 Jan 2012 11:07 AM PST Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012 - Berbicara Masalah Cheat PB memang gak ada habis habisnya ya, sekarang sudah update lagi mengenai Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012, untuk sobat yang ingin mengentahui tentang Cheat Point Blank PB 16 Januari 2012, silahkan simak dan download Cheat PB 16 Januari di bawah ini. Credit : [*] Boys7 Spesial Thanks To : [*] Vgm Rizky [*] ALL Member N3 Feature : SG Brutal : Auto On Tutor : * Buka PBLauncher * Buka injector * Masukan Dll'nya * Start PB'a * Cukup Tekan Enter Bila Ada Notice / dan jangan lupa noticenya di baca..! * Happy Cheating NB : [*]Jangan Sering Nembak Sambil Lari Karena Dapat Menyebabkan Program ilegal.. [*]Gunakanlah deep freeze demi kenyamanan komputer anda... [*]Matikan anti virus sebelum di gunakan.. karena Cheat di proteksi dengan.. enigma Protector download rating 5 | |||||||||||||||||||||||||||
Spesifikasi Harga Acer Aspire 3820T-382G50 Terbaru Posted: 15 Jan 2012 08:52 AM PST Spesifikasi Harga Acer Aspire 3820T-382G50 Terbaru - Harga Spesifikasi Acer Aspire 3820T-382G50 - Produk terbaru dari Acer Aspire ini memang sedang ditunggu – tunggu oleh penikmat fitur – fitur Acer Aspire Indonesia. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan membuat sebuah artikel mengenai spesifikasi harga Acer Aspire 3820T-382G50 pada bulan ini. Acer Aspire 3820T-382G50 harga spesifikasi memang belum dirilis secara jelas berapa harga yang dibanderol untuk BAcer Aspire seri ini. Jika kita melihat desain dari Acer Aspire 3820T-382G50 ini sepertinya desainnya hampur menyerupai produk Acer lainnya. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Acer Aspire 3820T-382G50 dibandingkan dengan seri Acer Aspire sebelumnya. Langsung saja akan saya sertakanspesifikasi Acer Aspire 3820T-382G50 secara lebih detail pada kolom di bawah. Silahkan bandingkan spesifikasi Acer Aspire 3820T-382G50 dan harga rating 5 |
You are subscribed to email updates from Ali Bloggers To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar